Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Basoeki Abdullah: Lokasi, Jam Buka, Harga Tiket, dan Fasilitas

Kompas.com - 20/03/2023, 13:01 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Berada di dalam komplek perumahan di daerah Cilandak Barat, Jakarta Selatan, berdiri museum pelukis kenamaan Indonesia Basoeki Abdullah

Pamong Budaya Ahli Pertama Museum Basoeki Abdullah, Luthfia Rahmah, menyampaikan Museum Basoeki Abdullah berdiri dari keinginan beliau mewariskan karya lukis maupun koleksi pribadinya kepada Pemerintah Republik Indonesia. 

"Museum Basoeki Abdullah awalnya kan rumah beliau. Jadi ada wasiat dari Pak Basoeki, salah satu isinya adalah sepertiga dari karya lukisnya diserahkan ke negara," ujar Luthfia saat ditemui Kompas.com di museum, Minggu (19/3/2023). 

Baca juga:

Tidak hanya karya lukis, koleksi-koleksi pribadi Basoeki dan kediamannya juga diberikan kepada negara untuk dijadikan museum. 

"Warisannya beserta rumah di Jalan Keuangan ini. Sebelum meninggal, Pak Basoeki menulis wasiat," imbuhnya. 

Bagian dalam Museum Basoeki Abdullah berisi berbagai karya lukis dan koleksi pribadi di Cilandak Barat, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Bagian dalam Museum Basoeki Abdullah berisi berbagai karya lukis dan koleksi pribadi di Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Penyerahan rumah, karya lukis, serta koleksi dilakukan oleh para ahli warisnya, yaitu Saraswati Kowenhouven, Cicilia Sidhawati, dan Nataya Nareerat, kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan. 

Baca juga: Pengalaman Mampir ke Museum Benteng Heritage, Asyik Belajar Kaligrafi

Adapun museum ini menyimpan aneka koleksi lukisan dan koleksi pribadi pelukis Basoeki Abdullah yang berupa patung, topeng, wayang, senjata, hingga pakaian.

Panduan berkunjung ke Museum Basoeki Abdullah

Jika tertarik berkunjung ke museum sang maestro lukis, simak panduan dan informasi lengkapnya yang sudah Kompas.com himpun. 

Jam buka dan lokasi Museum Basoeki Abdullah

Museum Basoeki Abdullah buka setiap Selasa-Minggu, pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Adapun setiap Senin dan hari libur nasional, museum ini tidak beroperasi. 

Tampak depan Museum Basoeki Abdullah di Cilandak Barat, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Tampak depan Museum Basoeki Abdullah di Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

"Jadi hari libur nasional seperti 17 Agustus-an, Idul Fitri, Idul Adha, dan lainnya kita tutup ya," ujar Luthfia. 

Untuk lokasi, museum beralamat di Jalan Keuangan Raya No. 19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Letaknya tidak terlalu jauh dari Stasiun MRT Fatmawati, hanya sekitar 1,1 kilometer (km). Jika berjalan kaki, waktu tempuhnya sekitar 15 menit, sedangkan naik ojek online sekitar 8-10 menit karena putar balik. 

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat Situ Cipondoh, Ada Taman Gratis dan Museum

Sesuai fungsi awalnya berupa rumah, Museum Basoeki Abdullah tidak dapat ditemukan di pinggir jalan. Alih-alih, pengunjung harus memasuki kompleks perumahan untuk menemukan museum. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com