Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2023, 13:01 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BORONG,KOMPAS.com – Bagi wisatawan ingin berwisata alam sambil melihat keunikan bunga teratai yang diklaim terbesar kedua di dunia, datang saja ke Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ada Danau Teratai yang mulai mekar tahun ini. Tempatnya ada di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

"Ini waktu yang tepat untuk melihat dan menyaksikan sendiri bunga Teratai sedang mekar," kata Petugas Lapangan Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur di Kecamatan Sambi Rampas bernama Arsyad kepada Kompas.com, Rabu, (22/3/2023).

Baca juga: Rana Tonjong di Manggarai Timur, Danau Teratai Terbesar Kedua Dunia

Arsyad menjelaskan, setiap tahun bunga teratai Rana Tonjong di Kelurahan Pota mekar dari April sampai Juli. Akhir Maret ini mulai mekar satu per satu.

"Danau Rana Tonjong merupakan tempat tumbuhan teratai terbesar kedua di dunia dan hanya ada di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur," jelasnya.

Turis berdatangan ke Danau Teratai

Arsyad menjelaskan, wisatawan sudah berdatangan ke Danau Teratai Rana Tonjonng. Bulan Februari 2023, ada turis asal Belanda yang berwisata di Danau Teratai Rana Tonjong.

Baca juga: Bunga Teratai dan Komodo Pota, Unggulan Wisata Manggarai Timur

"Saya sering memandu turis asing dan Nusantara yang berwisata di Danau Teratai ini," ujar dia.

Arsyad menjelaskan, Danau Teratai atau Lotus ini berada di Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Manggarai Timur dengan akses jalan Negara Trans Pantura sudah sangat bagus dari Maumere, Ibu Kota Kabupaten Sikka, sampai di Kota Reo, Kecamatan Reo, Kabupaten Manggarai.

Bunga Teratai atau Lotus Rana Tonjong, Kelurahan Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Rabu, (22/3/2023). (KOMPAS.com/DOK/ARSYAD/PENJAGA DINAS PARIWISATA KECAMATAN SAMBIRAMPAS)KOMPAS.COM/DOK/Arsyad-Penjaga Dinas Pariwisata di Kecamatan Sambi Rampas Bunga Teratai atau Lotus Rana Tonjong, Kelurahan Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Rabu, (22/3/2023). (KOMPAS.com/DOK/ARSYAD/PENJAGA DINAS PARIWISATA KECAMATAN SAMBIRAMPAS)

"Destinasi di Pantura Manggarai Timur, bukan hanya danau teratai, tetapi ada juga Komodo Pota yang orang lokal menyebut 'Rugu'", sambung Arsyad.

Baca juga: Wisata Manggarai Timur, Desa Watu Lanur yang Punya Air Terjun dan Kekayaan Budaya

Ia melanjutkan, ada juga pantai Watu Payung, persawahan Pota, pusat bawang merah dan putih, serta kain tenun Sambi Rampas.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com