Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2023, 13:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Marhaban ya Ramadhan 1444 Hijriah (H). Salah satu momentum yang paling dinantikan selama Ramadhan adalah ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa.

Kegiatan ngabuburit tidak harus menguras kantong. Jika kamu berada di Jakarta Pusat, ada berbagai tempat ngabuburit murah meriah yang bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Masuk Ancol Gratis Selama Ramadhan 2023, Tak Ada Batas Kuota Tiket

Baca juga: 40 Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2023 yang Bermakna 

Mulai dari taman, masjid, tempat ikonik, dan area publik di Jakarta Pusat bisa menjadi alternatif tempat ngabuburit murah meriah.

Tempat ngabuburit murah meriah di Jakarta Pusat

Berikut pilihan tempat ngabuburit murah meriah di Jakarta Pusat seperti dirangkum Kompas.com

1. Taman Menteng 

Foto udara lapangan yang telah selesai dimural oleh seniman mural Adi Dharma atau dikenal dengan Streoflow di taman Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022). Mural bertajuk Gelora Ragam ini diaplikasikan di empat lapangan yang ada di taman MentengKOMPAS/PRIYOMBODO Foto udara lapangan yang telah selesai dimural oleh seniman mural Adi Dharma atau dikenal dengan Streoflow di taman Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022). Mural bertajuk Gelora Ragam ini diaplikasikan di empat lapangan yang ada di taman Menteng

Taman Menteng adalah pilihan tempat ngabuburit murah meriah di Jakarta Pusat. Taman yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini memiliki bangunan ikonik yaitu rumah kaca.

Mengutip Kompas.com (19/10/2022), Taman Mentang telah dipercantik dengan murah yang dikreasikan di empat bidang lapangan seluas 4.000 meter persegi. Mural tersebut merupakan karya seniman grafiti Stereoflow (Adi Dharma).

Ada berbagai aktivitas ngabuburit yang bisa dilakukan di Taman Menteng. Mulai dari olahraga, naik sepeda, jalan keliling taman, santai di bangku taman, dan lainnya.

Jangan khawatir soal makanan buka puasa, karena di dekat taman ada ruko dan pedagang makanan dengan harga terjangkau.

2. Taman Suropati 

Taman Suropati MentengShutterstock/Georgina Taman Suropati Menteng

Taman lainnya yang menjadi pilihan tempat ngabuburit murah adalah Taman Suropati. Lokasinya masih berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Taman kota ini dikelilingi dengan pohon-pohon rindang sehingga udaranya sejuk.

Ada berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan sembari menunggu azan maghrib, seperti jogging, naik sepeda, berfoto, atau sekadar duduk santai di taman.

3. Berburu takjil di Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa, di kawasan Menteng, Jakarta PusatWikimedia Commons Masjid Agung Sunda Kelapa, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat

Sekitar 270 meter dari lokasi Taman Suropati, atau dua menit jalan kaki, kamu bisa menemukan Masjid Agung Sunda Kelapa. Lokasinya berada di Jalan Taman Sunda Kelapa Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat.

Jadi, umat Islam yang berpuasa bisa melanjutkan shalat maghrib di masjid bersejarah itu.

Saat Ramadhan, banyak penjual takjil di sekitar Masjid Agung Sunda Kelapa, sehingga kamu bisa memilih santapan buka puasa dengan harga terjangkau.

Baca juga: Tradisi Unik di Masjid Lautze Saat Ramadhan, Mualaf Tionghoa Jadi Imam

Baca juga: 6 Tradisi Makan Bersama Sebelum Ramadhan di Indonesia 

4. Masjid Istiqlal 

Masjid Istiqlal Jakarta.SHUTTERSTOCK/NURUL AZWIR Masjid Istiqlal Jakarta.

Jika berada di Jakarta Pusat, jangan lewatkan buka bersama di Masjid Istiqlal. Mengutip Antara, Rabu (22/3/2023), Panitia Ramadhan Masjid Istiqlal kembali menggelar buka bersama dengan menyediakan 3.000 hingga 4.000 porsi makanan.

Selain buka bersama, ada sekitar 20 kegiatan lain di masjid ikonik tersebut seperti shalat tarawih, iktikaf, tadarus Al Quran, membayar zakat, dan lainnya.

Masyarakat yang hendak mengikuti berbagai kegiatan Ramadhan di Masjid Istiqlal diimbau memperhatikan ketertiban, kerapian, dan keindahan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com