Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajah Danau Rana Loba di Manggarai Timur, Bisa Lihat Burung Bangau

Kompas.com - 24/03/2023, 13:01 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BORONG,KOMPAS.com – Alam Manggarai Timur di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sangat kaya wisata danau air tawar.

Salah satu dari sekian danau yang masih terjaga dengan baik dan sebagai tujuan berwisata adalah Rana Loba, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur.

Danau ini terletak tak jauh dari Kota Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur. Salah satu keunikan danau ini adalah juga menjadi habitat alami burung bangau.

Baca juga: Kampung Tradisional Kawa di Nagekeo NTT, Disebut Mirip Wae Rebo

Berada di lembah, Danau Rana Loba dikelilingi areal persawahan milik masyarakat Borong dengan nama persawahan Rana Loba.

Selain menyaksikan burung bangau, wisatawan juga bisa melihat para petani sedang membajak sawah dan menanam padi.

Belum bisa dikelola Pemkab Manggarai Timur

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, Rofinus Hibur Hijau kepada Kompas.com, Jumat, (24/3/2023) menjelaskan, saat ini Danau Rana Loba belum bisa ditata oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur.

Baca juga: Bunga Teratai Rana Tonjong di Manggarai Timur, NTT Mulai Mekar

"Karena kawasan Danau itu milik pribadi. Kami akan melakukan pendekatan kepada pihak-pihak yang berada di sekitar kawasan Dana Rana Loba," kata Rofinus.

Burung Bangau bertengger di pohon yang mengelilingi Danau Rana Loba, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Selasa, (21/3/2023). Ini salah destinasi untuk melihat burung Bangau di Manggarai Timur. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Burung Bangau bertengger di pohon yang mengelilingi Danau Rana Loba, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Selasa, (21/3/2023). Ini salah destinasi untuk melihat burung Bangau di Manggarai Timur. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Rofinus menjelaskan, ia sudah konfirmasi kepada para kepala bidang di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, ternyata Danau Rana Loba memang milik pribadi.

"Saya sering minum kopi di Cafe Rana Loba dan menyaksikan keunikan Burung Bangau putih di Danau Rana Loba dan persawahan Rana Loba," ujar dia.

Baca juga: Desa Golo Loni dan Colol di NTT Masuk 500 Besar ADWI 2023

Pihaknya juga sering mengadakan pertemuan di kafe sekitar Danau Rana Loba sambil menyaksikan bangau putih di habitatnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com