Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Ngabuburit Gratis di Yogyakarta, Tunggu Waktu Buka Puasa

Kompas.com - 25/03/2023, 07:09 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan suci Ramadhan telah tiba. Ada berbagai aktivitas di bulan puasa yang bisa dilakukan, salah satunya ngabuburit bersama orang-orang terkasih.

Baca juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Nah, buat kamu yang sedang berada di Yogyakarta dan sekitarnya, berikut Kompas.com rangkum sejumlah tempat yang bisa dikunjungi secara gratis buat ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Lokasi ngabuburit gratis di Yogyakarta

1. Malioboro

Ilustrasi Nol Kilometer di dekat Jalan Malioboro di Yogyakarta.Dok. Shutterstock/Naufal Image Ilustrasi Nol Kilometer di dekat Jalan Malioboro di Yogyakarta.

Tempat yang satu ini tentunya sangat populer di kalangan wisatawan maupun warga Yogyakarta. Mampir ke Malioboro dan sekitarnya bisa jadi opsi menarik sambil menunggu buka puasa.

Sebab, ada banyak tempat rekreasi yang bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Kamu bisa cuci mata di Malioboro Mall, beli takjil di Pasar Beringharjo, mampir ke Kampung Wisata Sosromenduran, atau menonton pertunjukan Cabaret Show di Hamzah Batik.

Baca juga: 13 Tempat Ngabuburit Murah Meriah di Jakarta Pusat 

2. Kampung Ketandan

Kampung Ketandan,  daerah Pecinan di Kota Yogyakarta.Bramasto Adhy/ Tribun Jogja Kampung Ketandan, daerah Pecinan di Kota Yogyakarta.

Kawasan pecinan Kampung Ketandan masih berada satu kawasan dengan Malioboro, tepatnya di sebelah utara Pasar Beringharjo.

Lokasi Jalan Ketandan mudah dikenali dari arah Malioboro, yang ditandai dengan gapura berwarna merah keemasan tinggi menjulang yang tiangnya dipenuhi ornamen naga.

Kamu bisa mampir ke tempat ini buat ngabuburit sambil berburu spot Instagramable ala perkampungan warga keturunan China di Yogyakarta.

Baca juga: 9 Tempat Ngabuburit di Depok, Banyak Tempat Gratis

3. Alun-alun Kidul

Ilustrasi pengunjung Alun-alun Kidul Yogyakarta sedang naik mobil hias warna-warni.SHUTTERSTOCK/ARIEFRAHK Ilustrasi pengunjung Alun-alun Kidul Yogyakarta sedang naik mobil hias warna-warni.

Alun-alun Kidul atau yang akrab disebut Alkid tidak kalah populer dibanding kawasan Malioboro. Lokasinya ada di Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Berkunjung ke kawasan ini tidak dikenakan tiket masuk, cukup bayar parkir saja. Di Alkid kamu bisa berburu aneka kuliner murah meriah untuk menu buka puasa.

Selain itu, ada pula persewaan odong-odong dan sepeda gandeng yang layak dicoba untuk menghabiskan waktu ngabuburit.

Baca juga: 11 Tempat Ngabuburit Murah di Tangerang Raya, Ada yang Gratis

4. Pantai Parangtritis

Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Pantai Parangtritis masih jadi tujuan utama wisatawan saat pelesir ke Bantul. Contoh teks deskripsi subyektif tentang pantai.UNSPLASH/Elang Wardhana Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Pantai Parangtritis masih jadi tujuan utama wisatawan saat pelesir ke Bantul. Contoh teks deskripsi subyektif tentang pantai.

Jika ingin ngabuburit yang sedikit jauh dari kota Yogyakarta, kamu bisa melipir ke pantai ikonis yang satu ini yaituPantai Parangtritis.

Dilaporkan Kompas.com, Minggu (27/3/2022) Pantai Parangtritis berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

Lokasinya berjarak sekitar 26 kilometer (km) dari Malioboro dengan estimasi waktu tempuh sekitar 52 menit.

Obyek wisata ini dikeliling dengan tebing batu karang dan gunung-gunung pasir yang disebut gumuk. Tak hanya menikmati senja di pantai, wisatawan yang berkunjung juga bisa menyewa ATV, menaiki delman, dan menyusuri garis pinggiran pantai.

Baca juga: 13 Tempat Ngabuburit di Yogyakarta, Tunggu Waktu Buka Sambil Berfoto

5. Bukit Pengilon

Bukit Pengilon, Gunung Kidul, yogyakartaInstagram @bukitpengilongunungkidul Bukit Pengilon, Gunung Kidul, yogyakarta

Buat kamu yang mencari tempat ngabuburit di Yogyakarta dengan pemandangan alam, Bukit Pengilon bisa menjadi pilihan.

Bukit Pengilon menawarkan panorama perbukitan dan pantai. Lokasinya di kawasan pesisir Gunungkidul, Yogyakarta, tepatnya ada di area hutan Purwodadi, Tepus.

Kawasan ini menjadi spot untuk menyaksikan panorama pantai dan Laut Selatan dari ketinggian.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menyaksikan pemandangan sembari menikmati hidangan dari warung milik penduduk setempat yang ada di kawasan itu.

Namun, saat sedang berpuasa, pastikan kamu tak terlalu lelah agar tak kelaparan dan kehausan, ya!

Baca juga: Kotabaru Dikembangkan Jadi Wisata Malam Yogyakarta, Bakal Banyak Event

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com