Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Ngabuburit Murah di Jakarta Barat, Taman hingga Museum

Kompas.com - 25/03/2023, 10:04 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Jika mencari tempat ngabuburit di Jakarta Barat, maka ada banyak pilihan lokasi yang bisa dikunjungi. Beberapa diantaranya menawarkan kegiatan ngabuburit murah meriah.

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan sembari menunggu azan maghrib, seperti jalan-jalan, duduk santai, hunting foto Instagramable, dan sebagainya.

Baca juga: 13 Tempat Ngabuburit Murah Meriah di Jakarta Pusat 

Baca juga: 11 Tempat Ngabuburit Murah di Tangerang Raya, Ada yang Gratis

Tempat ngabuburit murah di Jakarta Barat 

Berikut rekomendasi tempat ngabuburit murah di Jakarta Barat seperti dihimpun Kompas.com.

1. Kota Tua

Kawasan Wisata Kota Tua di Tamansari, Jakarta Barat, tetap dibuka untuk wisatawan di saat ramadhan. Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Kawasan Wisata Kota Tua di Tamansari, Jakarta Barat, tetap dibuka untuk wisatawan di saat ramadhan.

Obyek wisata populer ini merupakan salah satu tempat favorit ngabuburit murah meriah di Jakarta Barat.

Sambil menunggu azan maghrib, kamu bisa naik sepeda onthel, hunting foto Instagramable, mengunjungi museum, membeli pernak-pernik, dan lainnya. Jangan khawatir soal menu buka puasa, sebab di kawasan Kota Tua ada banyak penjual kuliner.

Saat ini, kawasan tersebut telah direvitalisasi sehingga semakin menarik untuk dikunjungi saat ngabuburit. Usai revitalisasi, kawasan Kota Tua kian ramah bagi pejalan kaki serta pengguna transportasi publik

2. Museum Bank Indonesia 

Halaman Depan Museum Bank IndonesiaMuseum Bank Indonesia Halaman Depan Museum Bank Indonesia

Menunggu azan maghrib sembari belajar sejarah uang Rupiah, bisa menjadi kegiatan anti-mainstream. Jika berminat, kamu bisa berkunjung ke Museum Bank Indonesia yang masih berada di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Beberapa koleksi di Museum Bank Indonesia antara lain, uang kerajaan di Nusantara, perkembangan uang dari masa kolonial hingga sekarang, transformasi logo Bank Indonesia, dan sebagainya.

Pengunjung juga bisa melihat miniatur Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC), atau kongsi dagang milik Belanda. Jika ingin berkunjung ke Museum Bank Indonesia, pengunjung harus registrasi dulu melalui nomor yang tercantum di laman resminya.

Baca juga: 10 Tempat Ngabuburit Gratis di Yogyakarta, Tunggu Waktu Buka Puasa

Baca juga: 9 Tempat Ngabuburit di Depok, Banyak Tempat Gratis

3. Museum Bank Mandiri 

Warga beraktivitas di depan Museum Mandiri dan Museum Bank Indonesia di Kota Tua, Jakarta Barat, Jumat (26/08/2022). Sebagai bagian dari revitalisasi kawasan Kota Tua, para pedagang kaki lima yang biasa memadati kawasan ini turut dipindahkan.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Warga beraktivitas di depan Museum Mandiri dan Museum Bank Indonesia di Kota Tua, Jakarta Barat, Jumat (26/08/2022). Sebagai bagian dari revitalisasi kawasan Kota Tua, para pedagang kaki lima yang biasa memadati kawasan ini turut dipindahkan.

Tepat di sebelah Museum Bank Indonesia, pengunjung dapat menemukan Museum Bank Mandiri. Ada berbagai macam koleksi di Museum Bank Mandiri yang terkait dengan aktivitas perbankan tempo dulu dan perkembangannya

Mulai dari perlengkapan operasional bank, surat berharga, mata uang kuno (numismatik), brankas, dan lain-lain. Gedung museum masih mempertahankan bentuk aslinya yang identik dengan zaman kolonial Belanda.

Harga tiket masuk Museum Bank Mandiri adalah Rp5.000 untuk umum. Sedangkan, pelajar dan mahasiswa tidak dikenai biaya dengan menunjukkan kartu pelajar. Anak di bawah usia tiga tahun juga gratis masuk museum

4. Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari

Masjid Raya KH Hasyim Asyari, Jakarta Barat.Dok. jakarta-tourism.go.id Masjid Raya KH Hasyim Asyari, Jakarta Barat.

Masjid megah ini merupakan masjid raya pertama di Jakarta, seperti dikutip dari Kompas.com (11/10/2017). Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari bisa menjadi alternatif ngabuburit saat berada di Jakarta Barat.

Lokasinya berada di dekat Rusunawa Daan Mogot atau kerap disebut Rusun Pesakih di Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat. 

Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektar ini mampu menampung hingga 12.500 jemaah. Arsitektur masjid dilengkapi dengan sentuhan khas Betawi, yakni ornamen gigi balang serta dilengkapi lima menara yang melambangkan Rukun Islam.

Saat Ramadhan, ada berbagai kegiatan di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari yang terbuka untuk umum.

5. Taman Cattleya 

Ilustrasi Taman Kota Cattleya di Tomang Jakarta BaratDok. Taman Kota Cattleya Ilustrasi Taman Kota Cattleya di Tomang Jakarta Barat

Menghabiskan waktu ngabuburit di taman bisa menjadi pilihan kegiatan murah meriah. Jika berada di Jakarta Barat, kamu bisa mengunjungi Taman Cattleya di Jalan Letjen S. Parman, Kemanggisan, Jakarta Barat.

Meski areanya tidak terlalu luas, hanya 31.945 meter persegi, namun Taman Cattleya tertata dengan apik sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

Ada berbagai fasilitas yang bisa digunakan sembari menungg azan maghrib, seperti jogging track, taman air dengan pancuran, tempat duduk santai, area bermain anak, dan lainnya.

Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk ke kawasan Taman Cattleya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com