Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lewat Jalan Tol Trans Jawa, Bisa Mampir ke 9 Masjid Ini

Kompas.com - 28/03/2023, 19:12 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang libur Lebaran 2023, masyarakat bisa mulai bersiap untuk mudik, baik perjalanan darat, laut, maupun udara. 

Untuk perjalanan darat, salah satu alternatifnya adalah jalan Tol Trans Jawa, yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa.

Baca juga:

Jalan Tol Trans-Jawa membentang antara Pelabuhan Merak, Cilegon, Provinsi Banten, hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, di Provinsi Jawa Timur.

 

Bagi kamu yang memilih jalur mudik melalui Tol Trans Jawa dan ingin berwisata religi, ada banyak masjid di sekitar tol yang bisa kamu singgahi.

Selain indah, masjid-masjid yang berada di jalur ini juga memiliki keunikan tersendiri, baik dari segi arsitektur maupun sejarahnya sehingga menarik untuk dikunjungi.

Berikut beberapa masjid di jalur Tol Trans Jawa pilihan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang dihimpun Kompas.com dari E-Booklet Mudik Jelajah Masjid terbitan Maret 2023:

Rekomendasi masjid di jalur Tol Trans Jawa

1. Masjid Istiqlal - DKI Jakarta

Masjid Istiqlal di Jakarta.Dok. Shutterstock/Pambudi Yoga Perdana Masjid Istiqlal di Jakarta.

Tidak hanya ke pelosok Tanah Air, pesona masjid ini juga telah mendunia. Masjid Istiqlal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara ini mampu menampung hingga 200.000 jemaah.

Menariknya, masjid yang menjadi icon Kota Jakarta ini didesain dengan elemen bangunan yang sarat akan makna.

Mulai dari kubah berdiameter 45 meter yang melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia 1945, menara setinggi 6.666 sentimeter (cm) yang menyimbolkan jumlah ayat dalam Al-Qur’an, hingga lima lantai yang menyimbolkan shalat lima waktu sekaligus lima sila dalam Pancasila.

Baca juga: Panduan ke Masjid Istiqlal: Jam Buka, Aturan Berkunjung, dan Rute

Masjid Istiqlal juga meluncurkan Istiqlalverse, sebuah platform yang bisa diakses masyarakat untuk menyaksikan keindahan Masjid Istiqlal di dunia metaverse. 

Tak hanya itu, Istiqlal dinobatkan sebagai masjid ramah lingkungan pertama di dunia versi International Finance Corporation (IFC) 2022, serta memakai sistem hemat energi dalam penggunaan pencahayaan internal dan eksternal, dan keran air yang bisa didaur ulang. 

2. Masjid Cut Meutia - DKI Jakarta

Masjid Cut Meutia.Dok. Shutterstock/haryanta.p Masjid Cut Meutia.

Di jantung Kota Jakarta, terdapat masjid dengan arsitektur khas Belanda yang berpadu dengan ornamen kaligrafi. Namanya Masjid Cut Meutia.

Sebelum menjadi masjid, Masjid Cut Meutia dulu merupakan sebuah gedung milik pemerintahan kolonial Belanda.

Baca juga: 6 Masjid di Jalur Pansela, Bisa Mampir Saat Mudik

Awalnya, masjid ini merupakan kantor pemerintahan Belanda hingga kemudian pada 1987 beralih fungsi sebagai tempat ibadah umat Islam, dengan luas 5.000 meter persegi dan dapat menampung 3.000 jemaah. 

Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan, salah satunya konser musik jazz yang menjadi sarana dakwah kekinian. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com