Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Giok, Tempat Wisata Favorit di Aceh Selama Ramadhan 2023

Kompas.com - 29/03/2023, 21:42 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Masjid Agung Baitul A'la atau Masjid Giok di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, masih menjadi lokasi wisata favorit masyarakat dan wisatawan nusantara selama Ramadhan 2023.

"Alhamdulillah, sampai hari keenam bulan suci Ramadhan ini, kunjungan masyarakat ke Masjid Giok masih sangat ramai," kata Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Nagan Raya, H Wahidin, dikutip dari Antara, Rabu (29/3/2023).

Baca juga:

Setiap harinya, lanjut dia, rata-rata jumlah kunjungan wisatawan ke masjid tersebut mencapai lebih dari 100 orang.

Pengunjung tidak hanya melakukan ibadah shalat fardhu atau shalat sunnah dua rakaat di masjid, tapi juga menikmati interior masjid yang unik. Bagian lantai dan dinding masjid dilapisi batu giok.

Baca juga: 10 Tempat Ngabuburit Murah di Jakarta Timur, Bisa Sambil Wisata Religi

Sejumlah pengunjung berjalan di halaman Masjid Giok atau Masjid Agung Baitul A'la Desa Lueng Baro, Suka Makmur, Nagan Raya, Aceh, Minggu (10/4/2022). Masjid Agung Baitul A'la Nagan Raya yang dibangun sejak tahun 2012 tersebut dirancang menggunakan perpaduan arsitektur khas Asia Tenggara, Timur Tengah dan Aceh dengan ornamen berlapis batu giok pada lantai, dinding, tiang dan kubah masjid yang proses pembangunannya memasuki tahap penyelesaian atau sekitar 80 persen sehingga akan dibuka untuk umum pada Juni 2022 mendatang. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym.ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym. Sejumlah pengunjung berjalan di halaman Masjid Giok atau Masjid Agung Baitul A'la Desa Lueng Baro, Suka Makmur, Nagan Raya, Aceh, Minggu (10/4/2022). Masjid Agung Baitul A'la Nagan Raya yang dibangun sejak tahun 2012 tersebut dirancang menggunakan perpaduan arsitektur khas Asia Tenggara, Timur Tengah dan Aceh dengan ornamen berlapis batu giok pada lantai, dinding, tiang dan kubah masjid yang proses pembangunannya memasuki tahap penyelesaian atau sekitar 80 persen sehingga akan dibuka untuk umum pada Juni 2022 mendatang. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym.

Dibuka untuk umum sejak Juni 2022, Masjid Giok memadukan arsitektur khas Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Aceh dalam bangunannya, dilansir dari Kompas.com, Selasa (12/4/2022).

Mulai tahun ini, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menggelar ibadah shalat sunnah tarawih untuk pertama kalinya pada bulan Ramadhan 2023.

“Meski pada malam hari cuaca dilanda hujan, namun untuk jemaah yang shalat tarawih dan shalat fardhu, jumlahnya sangat banyak. Hal ini sangat kita syukuri,” ucap Wahidin.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com