Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Susur Sungai Martapura Diminati Saat Ramadhan 2023

Kompas.com - 30/03/2023, 06:15 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Jumlah wisatawan yang menjajal aktivitas susur Sungai Martapura di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dengan naik perahu kelotok mengalami peningkatan hingga 100 persen saat memasuki bulan Ramadhan 2023.

Pada periode ini, setiap harinya tercatat ada lebih dari 200 wisatawan menyusuri Sungai Martapura.

Baca juga:

Jumlah tersebut naik dari periode selain Ramadhan 2023 yang biasanya sebanyak 80-100 orang per hari.

"Pengunjung ramai, satu kelotok bisa menampung sekitar 23 orang, per hari nya bisa beroperasi 10 kelotok lebih dibanding hari biasa hanya beroperasi empat kelotok," ujar salah seorang anggota Komunitas Kelotok Banjarmasin, Saibani, dikutip dari Antara, Rabu (29/3/2023).

Baca juga: 7 Taman di Banjarmasin, Cocok Buat Healing 

Para wisatawan menumpang perahu kelotok sambil menunggu waktu berbuka puasa di Sungai Martapura, Kota Banjarmasin, Selasa (28/3/2023).Dok. ANTARA/Tumpal Andani Aritonang Para wisatawan menumpang perahu kelotok sambil menunggu waktu berbuka puasa di Sungai Martapura, Kota Banjarmasin, Selasa (28/3/2023).

Aktivitas ini, menurut Saibani, diminati karena menawarkan pengalaman menyusuri sungai di sepanjang wilayah Menara Pandang.

Jarak tempuhnya pun bervariasi tergantung permintaan wisatawan.

Baca juga:

“Per penumpang kelotok itu tarifnya Rp 10.000, sudah bisa menikmati wisata susur sungai dengan jarak sekitar dua kilometer pulang pergi,” tuturnya.

Adapun Kampung Hijau jadi salah satu daerah tujuan wisata yang kerap dipilih oleh wisatawan. Hal ini karena jaraknya lebih dekat dengan durasi perjalanan kira-kira 25 menit.

Baca juga: Citilink Layani Rute dari Balikpapan ke Mamuju, Berau, dan Banjarmasin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com