Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniknya Air Terjun Wae Mapos di NTT, Bercampur Air Panas

Kompas.com - 30/03/2023, 19:15 WIB
Markus Makur,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com – Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) juga dijuluki pulau seribu air terjun dan kolam air panas.

Kabupaten Manggarai Timur adalah salah satu dari sembilan kabupaten di Pulau Flores dan Lembata yang memiliki beragam tempat wisata kolam air panas. Kabupaten ini berada di antara Kabupaten Ngada dan Kabupaten Manggarai.

Baca juga:

Bila mengincar wisata air panas di kabupaten ini, wisatawan wajib mengunjungi Wae Kolang atau Wae Mapos di Desa Compang Kempo, Kecamatan Rana Mese.

"Untuk mencapainya, pengunjung dapat berkendara dengan mobil atau motor melewati jalan menuju Kampung Comu dan berbelok menuju Bendungan Wae Dingin, Kecamatan Rana Mese. Selanjutnya, trekking menuju mata air panas sekitar 20 menit," jelas Staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, Albertus Jehamin kepada Kompas.com, Kamis (30/3/2023).

Lokasi mata air panas ini tepat berada di pinggiran sawah warga. Salah satu keunggulannya adalah debit airnya yang stabil sepanjang tahun.

Baca juga: Air Terjun Wae Teong Sara di Manggarai Barat NTT yang Indah dan Menyegarkan

Air panas Wae Mapos atau Wae Kolang, Desa Compang Kempo, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Kamis, (30/3/2023) merupakan salah destinasi wisata air panas untuk mandi. (KOMPAS.com/DOK/STAF PARIWISATA MATIM/ALBERTUS JEHAMIN)KOMPAS.COM/DOK/STAF DINAS PARIWISATA MATIM/ALBERTUS JEHAMIN Air panas Wae Mapos atau Wae Kolang, Desa Compang Kempo, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Kamis, (30/3/2023) merupakan salah destinasi wisata air panas untuk mandi. (KOMPAS.com/DOK/STAF PARIWISATA MATIM/ALBERTUS JEHAMIN)

Kolam mata air panas ini, ucap Jehamin, berdiameter sekitar 10 meter. Airnya kemudian mengalir menuju Daerah Aliran Sungai (DAS) Wae Dingin dan menjadi Air Terjun Wae Mapos.

Oleh sebab itu, air terjun tersebut terasa hangat karena airnya berasal dari mata air panas.

Ia berpendapat, masyarakat harus mengambil peluang untuk pengembangan daya tarik wisata ini.

Baca juga: Air Terjun Wae Empo Romeng Manggarai Barat dan Kisah Uniknya

Lokasi mata air panas yang dekat dengan Desa Wisata Golo Loni memungkinkan untuk digabung dalam satu paket perjalanan wisata.

Kerja sama dan koordinasi antarpemerintah desa dapat dilakukan dengan menggerakkan masyarakat dalam pengembangannya ke depan.

"Konsep pariwisata berbasis masyarakat, yang menjadi misi pembangunan pariwisata di Kabupaten Manggarai Timur, dapat diimplementasikan dengan memberdayakan masyarakat di sekitar destinasi wisata ini agar mampu membaca peluang serta mengambil peran dalam pengembangan pariwisata," terangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com