Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Artefak Nabi Muhammad di Jakarta, Lihat Rambut dan Keringatnya

Kompas.com - 31/03/2023, 06:40 WIB
Sania Mashabi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Barang-barang peninggalan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya kini bisa dilihat di Indonesia, tepatnya di Pameran Rindu Rasul. Lokasinya di Masjid At-Tin, Jalan Taman Mini I, Pinang Ranti, Jakarta Timur.

"Alhamdulillah pameran ini yang kedua dilakukan setelah sebelumnya digelar pada Desember 2022 lalu," kata salah satu Ketua Penyelenggara Pameran Artefak Rindu Rasulullah SAW, Muhammad saat ditemui Kompas.com, Kamis (30/3/2023).

Baca juga:

Koleksi artefak, dari rambut hingga keringat

Setidaknya ada 24 artefak milik Nabi Muhammad SAW dan peninggalan sejarah Islam yang dipamerkan.

Di antaranya ada rambut, janggut, keringat, terompah, tongkat, cawan minum, wadah minuman, siwak, cap telapak kaki Nabi Muhammad, beserta cap kaki untanya.

Kemudian ada kiswat, sorban, tanah kuburan Nabi Muhammad, serta rambut istri dan anak Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: 

Ekstrak Keringat Nabi Muhammad SAW di Pameran Rindu Rasul, Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Kamis (30/4/2023)KOMPAS.com/SANIAMASHABI Ekstrak Keringat Nabi Muhammad SAW di Pameran Rindu Rasul, Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Kamis (30/4/2023)

Selain itu, ada juga barang peninggalan sejarah Islam, seperti batu fondasi pertama Ka'bah.

Selanjutnya ada batu sijjil yang dilemparkan burung ababil ke tentara gajah Raja Abraha, serta pedang milik Sultan Muhammad Al-Fatih, pemimpin Turki yang berhasil mengambil alih Konstantinopel.

Baca juga:

Muhammad mengatakan, semua koleksi artefak ini didatangkan dari museum di berbagai negara dan bekerja sama dengan yayasan artefak di Indonesia.

Adapun pameran ini berlangsung mulai Senin (20/3/2023) hingga Jumat (14/4/2023) mulai dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Pengunjung yang ingin datang juga diwajibkan membayar tiket masuk mulai Rp 65.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com