Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Hari Paskah dan Jumat Agung 2023? Simak Jadwalnya

Kompas.com - 02/04/2023, 16:20 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Umat Kristen akan merayakan hari suci Jumat Agung dan Paskah 2023. Selain merayakan Jumat Agung dan Paskah, umat Kristen melangsungkan sejumlah ibadah lainnya dalam rangkaian Pekan Suci, seperti dikutip dari laman Iaman Iman Katolik.

Lantas, kapan Hari Paskah dan Jumat Agung 2023? Umat Kristen akan memperingati Hari Paskah pada Minggu (9/4/2023) dan Jumat Agung pada Jumat (7/4/2023).

Baca juga: 13 Perayaan Paskah Unik di Berbagai Negara, Ada Lempar Pot dari Rumah

Baca juga: Perbedaan Jumat Agung dan Paskah, Simak Penjelasannya

Berikut jadwal lengkap Pekan Suci seperti dihimpun Kompas.com.

Makna Jumat Agung dan Paskah 

Umat Katolik mengikuti Misa Vigili Paskah atau malam tirakatan kebangkitan kristus di Gereja Katedral, Jakarta, Sabtu (16/4/2022). Misa tersebut merupakan rangkaian ibadah dari pekan suci perayaan Paskah 2022 Paroki Katedral Jakarta yang mengambil tema Semakin Mengasihi, Semakin Peduli, Semakin Bersaksi.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Umat Katolik mengikuti Misa Vigili Paskah atau malam tirakatan kebangkitan kristus di Gereja Katedral, Jakarta, Sabtu (16/4/2022). Misa tersebut merupakan rangkaian ibadah dari pekan suci perayaan Paskah 2022 Paroki Katedral Jakarta yang mengambil tema Semakin Mengasihi, Semakin Peduli, Semakin Bersaksi.

Paskah merupakan suatu perayaan untuk mengenang kebangkitan Yesus Kristus, yang merupakan suatu peristiwa sangat penting dalam kehidupan umat kristen, seperti dikutip dari laman Iman Katolik.

Perayaan Paskah digelar setiap April, sejak hari Minggu pertama setelah bulan purnama pertama atau sesudah titik bulan semi, seperti dilansir dari laman Gramedia.

Jika Natal menandai kelahiran Yesus Kristus sebagai anak Allah yang turun ke bumi, maka Paskah berarti merayakan kebangkitanNya. Seluruh gereja di dunia merayakan Hari Paskah dengan doa dan pujian kemenangan.

Baca juga: Kapan Waktu yang Pas Ucapkan Selamat Hari Paskah, Ini Jawabannya

Baca juga: Memaknai Paskah sebagai Hari Kebangkitan, bagi Umat Katolik dan Kristiani

Sementara itu, Jumat Agung memperingati penyaliban Yesus Kristus dan wafatNya di Golgota. Yesus Kristus wafat atas hukuman mati yang ia terima di kayu salib.

Hukuman salib itu bukan karena kejahatan, melainkan memikul dosa umat manusia, seperti dikutip dari Kompas.com (14/4/2022).

Jumat Agung diperingati pada hari Jumat sebelum Minggu Paskah. Tiga hari berikutnya umat Kristen memperingati Hari Paskah, yakni hari kebangkitan Yesus Kristus.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com