Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran Naik Kereta Panoramic dan Priority, Ini Jadwalnya

Kompas.com - 04/04/2023, 14:02 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam menyambut masa angkutan mudik Lebaran pada tahun 2023, KAI Wisata menyiapkan perjalanan Kereta Wisata dan Kereta Istimewa.

Humas PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) M Ilud Siregar mengatakan, KAI Wisata menyiapkan sedikitnya 12 kereta wisata untuk menyambut mudik lebaran tahun 2023. 

"Ada lima perjalanan Kereta Panoramic dan tujuh perjalanan Kereta Priority PP dengan pola perjalanan perorangan," kata Ilud dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (4/4/2023).

Baca juga: 56 Persen Tiket KA untuk Mudik Masih Tersedia Jelang Lebaran 2023

Selain perjalanan kereta wisata secara Perorangan (FIT), masyarakat juga bisa memesan kereta tersebut dengan pola charter (sewa satu gerbong).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

"Pola charter meliputi tipe Kereta Wisata Nusantara, Sumatera, Toraja, Bali, Jawa, Imperial, Priority, dan Panoramic," imbuhnya.

Apa itu kereta Priority dan Panoramic?

Sebagai informasi, KA Priority memberikan layanan layaknya hotel bintang lima, seperti dikutip dari Kompas.com (29/9/2022).

Kursinya berupa jenis reclining seat yang kemiringannya bisa diatur untuk bersandar serta bisa diputar.

Kursi KA Priority dilengkapi TV LCD 52 inci layar sentuh, selimut, bantal kecil, meja, WiFi gratis, dan stop kontak.

Suasana mini bar di dalam gerbong kereta api wisata priority saat perjalanan dari Jogjakarta menuju Jakarta, Minggu (6/8/2017). Kereta wisata kelas priority ini memiliki fasilitas antara lain Audio Visual On Demain (AVOD) di setiap kursi penumpang, Mini Bar, TV 52 Inch, Crew Khusus, Toilet Khusus dan Kursi yang lebih nyaman dari kelas eksekutif, harga tiket mulai dari Rp 750.000 sudah termasuk jasa restorasi 1x makan dan minum.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Suasana mini bar di dalam gerbong kereta api wisata priority saat perjalanan dari Jogjakarta menuju Jakarta, Minggu (6/8/2017). Kereta wisata kelas priority ini memiliki fasilitas antara lain Audio Visual On Demain (AVOD) di setiap kursi penumpang, Mini Bar, TV 52 Inch, Crew Khusus, Toilet Khusus dan Kursi yang lebih nyaman dari kelas eksekutif, harga tiket mulai dari Rp 750.000 sudah termasuk jasa restorasi 1x makan dan minum.

Adapun kereta Panoramic adalah kereta yang memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisi. Selain itu, atapnya juga memiliki kaca yang bisa dibuka tutup secara otomatis.

Dari laporan Kompas.com (27/12/2022), sensasi melihat panorama atau pemandangan secara luas adalah hal berbeda yang menjadi nilai unggul kereta Panoramic.

Baca juga: 6 Rute Kereta Api Mudik Lebaran 2023 yang Sudah Habis Terjual

Tak hanya interior kursi kereta panoramic yang serba modern dan canggih, terdapat sejumlah fasilitas lain yang bisa dinikmati pengunjung.

Di antaranya televisi di dinding, toilet dengan sensor otomatis, rak bagasi khusus, mini bar, makanan, minuman, wifi, dan selimut gratis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com