Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Jami Sumenep, Simbol Akulturasi Empat Budaya

Kompas.com - 06/04/2023, 21:41 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Masjid Jami Sumenep atau Masjid Agung Sumenep merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Namanya mungkin belum begitu familiar di kalangan masyarakat, namun masjid ini memiliki pesona yang tidak kalah menarik.

Masjid Jami Sumenep berada di pusat Kabupaten Sumenep, Madura yang berdiri menghadap Alun-alun Sumenep. Tepatnya di Jalan Trunojoyo Nomor 184, Dalem Anyar, Bangselok, Sumenep.

Berikut profil Masjid Jami Sumenep seperti dihimpun Kompas.com.

Baca juga: Masjid Al Akbar Surabaya, Masjid Terbesar Kedua Setelah Istiqlal 

Sejarah Masjid Jami Sumenep

Masjid Jami Sumenep mulai dibangun pada 1779 masehi dan selesai pada 1787, seperti dikutip dari laman Indonesiana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jadi, usianya sekarang 244 tahun.

Ikon Pulau Madura ini merupakan salah satu dari 10 masjid tertua di Nusantara. Masjid dengan kapasitas 2.000 orang ini, dibangun pada masa pemerintahan Panembahan Somala, penguasa Negeri Sungenep XXXI. 

Masjid ini merupakan salah satu bangunan pendukung keraton, yang berfungsi sebagai tempat ibadah bagi anggota kerajaan dan masyarakat.

Baca juga: Sejarah Masjid Sunda Kelapa, Masjid Tanpa Kubah di Menteng

Masjid ini adalah masjid kedua yang dibangun oleh keluarga keraton. Sebelumnya, kompleks masjid berada tepat di belakang keraton, yakni Masjid Laju.

Masjid Jami Sumenep dikenal dengan sejumlah nama antara lain, Masjid Jami Panembahan Somala, Masjid Agung Sumenep, dan Masjid Agung Keraton Sumenep. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com