Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengelilingi Masjid Istiqlal, Banyak Simbol Nasionalisme dan Falsafah Islam

Kompas.com - 07/04/2023, 08:11 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika berwisata religi di Jakarta, kurang lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke masjid terbesar di Asia Tenggara yang ada di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, yakni Masjid Istiqlal.

Masjid yang sudah berusia 45 tahun ini menjadi ikon populer di ibu kota yang memiliki berbagai unsur nasionalisme di banyak sudutnya.

"Banyak sekali simbol-simbol atau filosofi yang diletakkan pada bangunan ini," kata Humas Masjid Istiqlal, Yusuf Faozi saat ditemui Kompas.com di lokasi, Sabtu (1/4/2023).

Baca juga:

Jika berkeliling, kamu bisa melihat kubah yang begitu besar berdiameter 45 meter. Yusuf menjelaskan, angka tersebut mewakili tahun kemerdekaan Indonesia yakni 1945.

"Ada kubah kecil diameternya 8 meter untuk bulan Agustus-nya, untuk tanggal 17-nya, di atas kubah besar ada tiang sepanjang 17 meter, jadi (sesuai) 17 Agustus 1945," jelasnya.

Pilar dalam Masjid Istiqlal yang berjumlah 12 pilar, menandakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul AwalKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Pilar dalam Masjid Istiqlal yang berjumlah 12 pilar, menandakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul Awal

Kemudian di dalam masjid, kita bisa melihat 12 pilar kokoh yang menopang kubah.

"12 pilar, menandakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul Awal," ucapnya.

Baca juga: Masjid Istiqlal Jadi Green Mosque Pertama di Dunia, Sejuk Tanpa AC

Selain pondasi bangunan, jumlah tingkatan lantai di Masjid Istiqlal juga mewakili tema dari lima rukun Islam, shalat lima waktu, dan lima sila Pancasila.

"Masjid ini ada lima lantai, filosofinya sesuai dengan lima rukun Islam, syahadat, shalat, puasa, zakat, sama naik haji. Angka lima nya itu juga melambangkan Pancasila dan shalat lima waktu," papar dia.

Menara Masjid IstiqlalKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Menara Masjid Istiqlal

Menariknya, masjid ini juga memiliki sebuah menara yang menyatu dengan bangunan utama. Namun, menara tersebut tidak dibuka untuk umum.

"Kemudian ada satu menara di sini, atau minaret, hanya satu, karena untuk satu Tuhan. Islam hanya mengenal atau yakin dengan satu Tuhan, tingginya 6.666 cm, itu untuk jumlah surat di Al-Quran," dia menjelaskan.

Baca juga: Asal Usul Nama Masjid Istiqlal, Ternyata Nazar dari Bung Karno

Berikutnya, di atas menara ada 30 tiang besi setinggi 30 meter yang mewakili 30 juz Al-Quran.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Masjid Istiqlal? Masjid Istiqlal buka setiap hari mulai pukul 03.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Alamatnya di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com