Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Wisata di Semarang Dekat Gerbang Tol, Bisa Mampir Saat Mudik 

Kompas.com - 09/04/2023, 15:47 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Semarang merupakan salah satu wilayah yang dilalui pemudik khususnya yang melewati jalur Pantai Utara (Pantura). Untuk menghilangkan penat, pemudik bisa singgah ke tempat wisata di Semarang dekat gerbang tol.

Dengan kehadiran jalan tol, akses ke sejumlah tempat wisata di Semarang semakin mudah.

Baca juga: 10 Hotel Murah Dekat Pintu Tol Semarang, Harga Rp 200.000-an Per Malam

Baca juga: 8 Tempat Ngabuburit Murah di Semarang, Bisa Naik Wahana

Tempat wisata di Semarang dekat gerbang tol tersebut ramah keluarga sehingga cocok bagi pemudik yang mengajak serta anak-anak.

Tempat wisata di Semarang dekat gerbang tol

Berikut sejumlah tempat wisata di Semarang dekat gerbang tol seperti dihimpun Kompas.com, meliputi Kota Semarang dan Kabupaten Semarang.

1. Kampoeng Kopi Banaran 

Kereta wisata di Kampoeng Kopi BanaranDok. Kampoeng Kopi Banaran Kereta wisata di Kampoeng Kopi Banaran

Istirahat sejenak dari teriknya jalan tol, pemudik bisa mampir ke Kampoeng Kopi Banaran. Obyek wisata ini bisa diakses dari Gerbang Tol (GT) Bawen, dengan jarak 2,2 kilometer (km) atau 3 menit berkendara.

Lokasinya cukup strategis di pinggir Jalan Raya Semarang-Solo Km 35.

Wisatawan bisa menikmati panorama alam, menjelajah kebun kopi, menikmati kegiatan outdoor, makan di restoran, dan camping.  Mengutip Kompas.com (08/04/2022), tempat wisata ini dikelilingi panorama tujuh gunung. Ada Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, Andong, Ungaran, Telomoyo, dan Ungaran. 

Kampoeng Kopi Banaran menawarkan fasilitas lengkap, mulai dari kebun kopi, penginapan, restoran, fasilitas pertemuan, camping, arena bermain anak, jogging track, kolam renang, gazebo, mushala, offroad, kereta wisata, dan lainnya.

2. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park adalah taman rekreasi yang berada di Semarang, Jawa Tengah.Dok. https://salokapark.com/ Saloka Theme Park adalah taman rekreasi yang berada di Semarang, Jawa Tengah.

Saat melintasi Semarang, pemudik bisa mampir ke taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah, yakni Saloka Theme Park.

Lokasinya berada di Jalan  Fatmawati Nomor 154, Tuntang, Semarang. Dari GT Bawan, jaraknya sekitar 6,1 km dengan waktu tempuh 6 menit berkendara.

Taman rekreasi ini memiliki 25 wahana permainan yang terbagi dalam lima zona. Salah satu ikon taman bermain ini adalah wahana Cakrawal yakni kincir dengan tinggi 33 meter dan 22 gondola. 

3. Eling Bening 

Eling BeningShutterstock Eling Bening

Eling Bening merupakan taman rekreasi bertema alam. Mengutip Kompas.com (17/10/2020), Eling Bening menawarkan pemandangan Gunung Merbabu, Andong, Telomoyo, Danau Rawa Pening, dan hamparan sawah hijau.

Selain panorama alam, obyek wisata ini memiliki sejumlah fasilitas antara lain kolam renang, kafe, restoran, outbound, camping ground, dan ruang pertemuan.

Lokasinya berada di Jalan Sarjono, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Eling Bening dapat diakses dari GT Bawen dengan jarak 3,4 km atau 7 menit berkendara.

Baca juga: Asyiknya Petik Buah Langsung dari Pohon di Agro Cepoko Semarang

Baca juga: 10 Wisata Dekat The Wujil Aqua Park Semarang, Ada Dusun Semilir

4. Rawa Pening 

Panorama Rawa Pening dari KA Wisata Ambarawa.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Panorama Rawa Pening dari KA Wisata Ambarawa.

Jika melintasi Semarang, jangan lupa mampir ke obyek wisata ikonik Rawa Pening. Dari GT Bawen, Rawa Pening bisa dijangkau dalam 10 menit dengan jarak 5,8 km.

Rawa Pening adalah danau alami yang memiliki luas sekitar 2.670 hektar. Mengutip Kompas.com (27/12/2021), dari lokasi danau, wisatawan bisa menikmati pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. 

Selain itu, Rawa Pening memiliki banyak spot foto Instagramable, antara lain jembatan panjang di atas rawa dan patung naga besar. Patung naga berukuran besar itu, menggambarkan wujud naga dalam legenda asal usul Rawa Pening, yakni Baru Klinthing.

5. Bukit Cinta Rawa Pening

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan dua kawasan wisata di Kabupaten Semarang yakni, Bukit Cinta Rawa Pening dan Wisata Gedong Songo-Bandungan. Kementerian PUPR Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan dua kawasan wisata di Kabupaten Semarang yakni, Bukit Cinta Rawa Pening dan Wisata Gedong Songo-Bandungan.

Bukit Cinta Rawa Pening merupakan alternatif lokasi lain untuk menikmati panorama Rawa Pening. Lokasinya tidak jauh dari Rawa Pening.

Mengutip Kompas.com (6/9/2020), wisatawa yang berkunjung bisa melakukan berbgaai kegiatan seperti foto di spot Instagramable, duduk di taman atau pendopo estetik, dan naik perahu berkeliling danau. 

Bukit Cinta Rawa Pening menawarkan pemandangan danau dengan latar belakang gunung dan perbukitan. Untuk harga tiket masuk wisata, pengunjung akan dikenakan harga sebesar Rp 10.000 jika datang di hari kerja, dan Rp 15.000 untuk hari libur dan akhir pekan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com