Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan di Bendungan PLTA Waduk Kedung Ombo yang Jadi Tempat Wisata

Kompas.com - 10/04/2023, 17:31 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Tempat wisata bisa jadi muncul di suatu jalan yang memiliki pemandangan indah atau unik.

Tempat wisata seperti ini, salah satunya adalah Negeri Khayangan di Magelang yang pada 2021, namanya adalah Tol Khayangan karena berupa jalan desa baru dengan pemandangan indah.

Jalan yang jadi tempat wisata semacam itu juga ada di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, tepatnya di samping bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Waduk Kedung Ombo.

Baca juga: Embun Bening, Wisata Instagramable di Tepi Waduk Kedung Ombo

Lokasi jalan di samping bendungan ini tepatnya berada di Desa Juworo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.

Jika melihat aplikasi penunjuk arah, seperti Google Maps, pengunjung bisa menetapkan tujuan di Saluran Pelimpas Kedung Ombo.

Jalan indah di samping bendungan

Kompas.com sempat mencoba datang langsung ke jalan yang berada di samping bendungan PLTA Waduk Kedung Ombo itu pada Rabu (5/4/2023).

Tidak heran jika jalan itu menjadi tempat wisata dadakan karena pemandangan indah yang tersaji di sana.

Baca juga: 4 Wisata Dekat Gunung Kemukus, Sangiran sampai Waduk Kedung Ombo

Saat melintas, pengendara seolah sedang melaju di samping bukit berwarna hijau di satu sisi jalan yang merupakan bendungan.

Seorang pemilik warung di pinggir jalan bernama Tari mengatakan, biasanya pengunjung ramai berdatangan pada hari Minggu, khususnya di luar bulan Ramadhan.

Jalan di samping bendungan Waduk Kedung Ombo, Grobogan, Jawa Tengah, dilihat dari udara.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jalan di samping bendungan Waduk Kedung Ombo, Grobogan, Jawa Tengah, dilihat dari udara.

“Biasanya yang rombongan motor-motor itu. Pas Minggu pagi biasanya jalannya sampai padat,” kata dia kepada Kompas.com, Rabu.

Adapun wisatawan yang datang biasanya foto-foto di tengah jalan dengan panorama indah jalan itu. Banyak juga yang merekam video dari atas motor sambil melaju.

Baca juga: Harga Tiket dan Jam Buka Wisata Embun Bening Waduk Kedung Ombo

Pengunjung tidak perlu membayar sepeser pun untuk bisa menikmati keindahan jalan ini. Namun, mereka dilarang masuk area bendungan yang sudah diberi pagar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com