Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Wisata di Cianjur dengan Panorama Indah, Bisa Mampir Saat Mudik 

Kompas.com - 11/04/2023, 12:04 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Kompas.com - Kabupaten Cianjur tengah menjadi sorotan karena keberadaan rumah Abah Jajang yang memiliki panorama langsung ke Curug Citambur. Air terjun tersebut merupakan salah satu dari sejumlah obyek wisata di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Baca juga: The Nice Funtastic Park Cianjur, Wisata Ekstrem dan Edukasi di Bukit

Baca juga: Karang Potong Ocean View Cianjur: Harga, Jam Buka, dan Daya Tarik 

Rumah kayu Abah Jajang yang viral.Doc. Ahmad Johan Rumah kayu Abah Jajang yang viral.

Kabupaten Cianjur berada di jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) yang merupakan salah satu jalur mudik. Ada sejumlah tempat wisata di Cianjur yang bisa dihampiri saat mudik Lebaran 2023.

Tempat wisata tersebut beragam mulai dari wisata alam, taman tematik, air terjun, dan sebagainya.

Wisata di Cianjur 

Berikut sejumlah obyek wisata di Cianjur yang bisa dihampiri saat mudik Lebaran 2023.

1. Kebun Raya Cibodas 

Ilustrasi Kebun Raya Cibodas di Cianjur, Jawa Barat.Dok. Wikimedia Commons/Ariq Jauhardian Ilustrasi Kebun Raya Cibodas di Cianjur, Jawa Barat.

Kebun Raya Cibodas merupakan tempat rekreasi sekaligus edukasi yang berisi ribuan jenis tanaman, seperti dikutip dari Kompas.com (18/11/2022).

Kebun seluas 86,22 hektar ini berada di antara dua gunung yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Selain ribuan koleksi tanaman, pengunjung bisa menikmati panorama dua air terjun di kawasan wisata ini.

Lokasinya berada di Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

2. Istana Kepresidenan Cipanas  

Istana CipanasKemendikbud RI Istana Cipanas

 

Istana Cipanas adalah salah satu Istana Kepresidenan RI yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango. Istana Kepresidenan Cipanas terbuka untuk umum.

Pengunjung bisa menyaksikan koleksi benda-benda bersejarah mengenai perjalanan kemerdekaan RI, dikutip dari Kompas.com (3/12/2020). Salah satu koleksi di Istana Kepresidenan Cipanas adalah dua buah lampu kristal produksi 1900 dari Cekoslowakia.

Ada pula tempat pemandian air panas dan museum yang menyimpan koleksi barang pemberian tamu negara. Lokasinya berada di Jalan Raya Cipanas, Nomor 105, Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Cianjur yang Lagi Hits, Bisa untuk Anak-anak

Baca juga: 92 Tempat Wisata Terdampak Gempa Cianjur, Ada Gunung Padang

3. Wisata Alam Sevillage 

Suasana Wisata Alam SevillageDok. Wisata Alam Sevillage Suasana Wisata Alam Sevillage

Wisata Alam Sevillage merupakan salah satu spot camping dan glamping favorit di bawah kaki Gunung Gede Pangrango. Mengutip laman resminya, obyek wisata ini menyajikan pemandangan Gunung Gede Pangrango.

Ada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan. Mulai dari camping, glamping, foto di spot Instagramabel, menjajal aneka wahana, serta nongkrong di kafe atau restoran.

Adapun biaya penginapan di Wisata Alam Sevillage beragam mulai dari Rp 550.000 per malam dengan kapasitas empat orang. Sementara, tiket masuknya mulai dari Rp 30.000 per orang.

Lokasinya berada di Desa Ciloto Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur

4. Taman Bunga Nusantara

Trem di Taman Bunga Nusantara.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Trem di Taman Bunga Nusantara.

Ada beragam koleksi bunga yang bisa disaksikan di Taman Bunga Nusantara. Tak hanya koleksi lokal, pengunjung juga bisa menjumpai koleksi bunga dari luar negeri.

Taman Bunga Nusantara kerap disebut sebagai taman bunga terbesar di Jawa Barat. Bunga-bunga tersebut ditata secara cantik dan tematik sehingga cocok untuk latar belakang foto Instagramable.

Selain taman bunga ada pula beragam fasilitas lain. Seperti, menara pandang, Danau Angsa, Wira Wiri, Saung Nini, Dotto Trains, dan juga tempat khusus untuk piknik.

Lokasi Taman Bunga Nusantara berada di Jalan Mariwsati, KM 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur.

5. The Nice Funtastic Park 

The Nice Funtastic Park Cianjur, wisata baru di Cianjur yang menyajikan wahana edukasi dan petualangan dengan latar belakang panorama perbukitanDok. Instagram @thenicefuntasticpark The Nice Funtastic Park Cianjur, wisata baru di Cianjur yang menyajikan wahana edukasi dan petualangan dengan latar belakang panorama perbukitan

The Nice Funtastic Park merupakan obyek wisata yang memadukan keindahan alam Kabupaten Cianjur dengan beragam wahana dan atraksi.

Lokasinya berada di Jalan Mariwati, KM 11, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur.

Obyek wisata baru ini menawarkan paket wisata lengkap, mulai dari wisata edukasi, wahana ekstrem, spot foto instagramable, wisata kuliner, dan pemandangan alam yang indah.

Pengunjung bisa menjumpai sekitar 200 hewan dari 60 jenis pada mini zoo di The Nice Funtastic Park Cianjur, baik hewan endemik dan non endemik.

Sementara, wahana petualangan di The Nice Funtastic Park Cianjur antara lain sky bridge, swing arena atau giant swing, jembatan lompat, playground anak, dan naik kuda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com