Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Naik Candi Borobudur Tahap 2 Digelar, Kuota 150 Orang Per Jam

Kompas.com - 12/04/2023, 15:37 WIB
Sania Mashabi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko kembali melaksanakan uji coba wisatawan naik ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, secara terbatas.

Uji coba tahap kedua ini diadakan hampir sebulan, mulai Rabu (22/3/2023) hingga Jumat (14/4/2023).

Baca juga:

"TWC sudah melaksanakan uji coba (kedua) naik ke struktur candi secara terbatas," kata Direktur Destinasi Pariwisata Badan Otorita Borobudur, Agustin Perangin-angin kepada Kompas.com, Rabu (12/4/2023).

Agus mengatakan, uji coba ini terbuka baik bagi wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) yang ingin mencoba naik struktur Candi Borobudur.

Calon pengunjung hanya perlu membeli tiket terlebih dahulu melalui laman resmi Candi Borobudur.

Namun, pembelian tiket dibatasi setiap jamnya yakni 150 orang setiap satu jam.

"Sehari diharapkan akan ada delapan shift, sehingga total 1.200 orang," ujarnya.

Baca juga:

Evaluasi uji coba naik Candi Borobudur

Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) melakukan kajian lapangan tertutup untuk wisatawan yang akan naik ke struktur atau monumen Candi Borobudur. Kajian dimulai sejak 1-15 Maret 2023 dengan sampel wisatawan secara terbatas dan acak.KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) melakukan kajian lapangan tertutup untuk wisatawan yang akan naik ke struktur atau monumen Candi Borobudur. Kajian dimulai sejak 1-15 Maret 2023 dengan sampel wisatawan secara terbatas dan acak.

Agus menambahkan, setelah proses uji coba, pihak TWC dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat akan melakukan evaluasi.

Setelah melakukan evaluasi, nantinya akan dilihat apakah pendakian Candi Borobudur sudah bisa kembali dibuka untuk umum secara reguler.

Baca juga:

"Kita doakan semoga TWC dan Dikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) segera ketemu SOP (prosedur operasional standar) terbaik sehingga wisatawan dapat mengatur waktu untuk berkunjung ke Borobudur," ucap dia.

Sebelumnya dilaporkan Kompas.com, Jumat (3/3/2023), uji coba naik ke struktur Candi Borobudur sudah dilakukan pada awal Maret 2023 dengan kuota 400 orang per hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com