Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Wisata di Pekalongan, Bisa Mampir Beli Batik Saat Mudik

Kompas.com - 13/04/2023, 17:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Pekalongan merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang berada di jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa. Kota Pekalongan dilalui para pemudik yang melintas di jalur Pantura.

Baca juga: Mudik Lewat Jalan Tol Trans Jawa, Bisa Mampir ke 9 Masjid Ini

Baca juga: 9 Masjid di Jalur Pantura untuk Pemudik, dari Jakarta hingga Jatim

Jika merasa penat di jalan, pemudik bisa mampir sejenak ke sejumlah tempat wisata di Pekalongan. Saat mampir ke Pekalongan, jangan lupa untuk beli batik di Kota Batik ini.

Sejumlah tempat wisata di Pekalongan berada di pusat kota, sehingga mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi.

1. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana PekalonganDok. Visit Jateng Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Pantai Pasir Kencana merupakan wisata andalan Kota Pekalongan. Lokasinya berbatasan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Pelabuhan Perikanan Nusantara di pantai utara Jawa, seperti dikutip dari laman Badan Promosi Pariwisata Kota Pekalongan. 

Obyek wisata ini baru saja selesai direvitalisasi sehingga semakin tertata rapi dan lengkap fasilitasnya. Sejumlah fasilitas di Pantai Pasir Kencana antara lain, taman bermain, wahana permainan anak-anak, panggung terbuka, becak air, trampolin, mushola, warung makan, toilet, dan area parkir.

Selain itu, ada menara pandang bernama Tower Batik dengan ketinggian 10 meter. Dari puncak menara, pengunjung bisa menikmati panorama pantai dan Laut Jawa dari ketinggian.

2. Museum Batik

Museum Batik PekalonganWikimedia Commons Museum Batik Pekalongan

Sebagai Kota Batik, wisatawan bisa menjumpai Museum Batik di Pekalongan. Lokasinya berada di Jalan Jetayu Nomor 3, Panjang Wetan, Kota Pekalongan.

Mengutip laman resminya, Museum Batik Pekalongan diresmikan oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada 12 Juli 2006. Museum ini menempati bangunan peninggalan Belanda seluas 2.500 meter persegi.

Bangunan peninggalan Belanda itu sudah berdiri sejak 1906 yang pada awalnya berfungsi sebagai kantor administrasi keuangan pabrik gula.

Museum Batik Pekalongan menyimpan banyak koleksi batik tua hingga modern. Tidak hanya memamerkan koleksi batik, Museum Batik Pekalongan juga menjadi pusat pelatihan membatik dan pusat pembelajaran batik.

Baca juga: Kamu Suka Batik? Sambangi Tempat Ini jika Melintasi Jalur Pantura

Baca juga: 5 Pantai di Sekitar Jalur Mudik Pantura, Cocok untuk Mampir

3. Grosir Batik Setono

Grosir Batik Setono Pekalongam TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO Grosir Batik Setono Pekalongam

Pemudik yang melintasi Kota Pekalongan bisa mampir membeli batik di Grosir Batik Setono. Lokasinya berada di Jalan Dr. Sutomo Nomor 1 - 2, Karangmalang, Pekalongan Timur.

Lokasinya cukup strategis karena berada di seberang Gerbang Tol (GT) Batang. Jadi pemudik yang melalui jalan tol Batang-Semarang bisa mampir membeli batik di Grosir Batik Setono.

Mengutip laman Badan Promosi Pariwisata Kota Pekalongan, Grosir Batik Setono didirikan pada 15 Desember 1941. Pusat batik ini menempati bangunan bekas pabrik tekstil yang sudah tidak beroperasi.

Fasilitas di Grosir Batik Setono terbilang lengkap, seperti ATM, toilet, mushola, area parkir, dan warung kuliner.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com