Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Bus Gratis Angkut Penumpang ke Gate 22-28 di Terminal 3

Kompas.com - 13/04/2023, 21:01 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Angkasa Pura (AP) II telah menyediakan bus penghubung (shuttle bus) di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) Banten, bagi penumpang yang ingin menuju gate 22-28 di Terminal 3.

"Di gate 22-28 paling ujung itu, kita sediakan bus yang disediakan AP II, sehingga pergerakan yang tadinya menggunakan golf car itu sekarang sudah ada shuttle bus," kata Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin kepada Kompas.com.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam acara Media Briefing Injourney "Kesiapan Fasilitas Angkutan Lebaran 2023" di Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta Masuk Daftar Paling Terkoneksi di Dunia, Pertama di ASEAN

Awaluddin mengatakan, keberadaan bus ini sebagai pengganti golf car yang tadinya digunakan untuk membantu mobilitas penumpang.

"Penempatan golf car ini kan tujuannya spesifik, untuk lansia, ibu hamil, dan orang dengan disabilitas," tuturnya.

Namun, karena trafik pergerakan penumpang Bandara Soekarno-Hatta kian tinggi, dan tidak memungkinkan untuk menambah jumlah golf car, maka solusinya hadir lewat keberadaan shuttle bus.

"Memang terminal tiga itu luas. Ada gate yang jauh, gate 22-28. Kita kan enggak mungkin menambah golf car, nanti akan crowded sekali," ucap dia.

Lokasi shuttle bus dan waktu operasional

Adapun shuttle bus yang mulai dioperasikan sejak awal April 2023 ini berada tepat di sebelah gate 13, Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta.

"Jadi turun, lewat gate 13, lalu masuk shuttle bus kemudian di antar sampai gate 22-28, mau ke gate mana nanti diantar," tuturnya.

Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, pada Kamis (5/5/2022).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, pada Kamis (5/5/2022).

Sedangkan untuk jam operasional, shuttle bus mengikuti waktu operasional dari seluruh maskapai penerbangan yang ada di Terminal 3, yaitu Citilink, Garuda Indonesia, dan Pelita Air.

"Operasionalnya bersaman dengan jam operasional maskapai. Jadi selama maskapainya beroperasi, selama itu juga shuttle bus-nya beroperasi," ucap Awaluddin.

Baca juga: 7 Cara Bayar Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta, Pakai Apa Saja?

Ia mengatakan shuttle bus tersebut boleh digunakan oleh siapa saja yang ada di Terminal 3, tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Itu free of charge, tidak dikenakan biaya. Bisa dinaiki oleh siapa saja yang ada di Terminal 3. Ini akan dipertahankan terus agar memberi kenyamanan bagi penumpang," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com