Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Puncak Arus Mudik, Bandara Hang Nadim di Batam Tambah 64 Penerbangan

Kompas.com - 16/04/2023, 18:31 WIB
Hadi Maulana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Memasuki H-6 Lebaran tahun 2023, Bandara Internasional Hang Nadim di Batam mencatat pergerakan penumpang per 15 April 2023, naik dibandingkan tahun sebelumnya, yakni sebanyak 13.403 pax atau naik 3.0 persen.

Tidak saja penumpang, kargo juga mengalami kenaikan sebesar 120.144 kilogram atau naik 65.0 persen. Pergerakan pesawat juga bertambah sebanyak 85 filght atau naik 16.4 persen.

“Peningkatan sudah mulai terasa hingga saat ini. Kami perkirakan arus puncak mudik terjadi besok, Senin (17/4/2023) hingga Kamis (20/4/2023),” kata Corporate Communication BIB Bandara Hang Nadim, Muhammad Badrudin, melalui WhatsApp, Minggu (16/4/2023).

Baca juga: Penumpang di Bandara Hang Nadim Batam Capai 12.000 Orang, Arus Mudik Mulai Terasa

Badrudin mengaku, saat ini ada tiga maskapai penerbangan yang telah mengajukan penerbangan tambahan sebanyak 64 extra flight, yakni Super Airjet, Lion Air, dan Citilink.

“Untuk tujuan extra flight yang diajukan yakni Pekanbaru, Padang, Medan dan Jakarta,” ungkap Badrudin.

Dia menjelaskan, tujuan paling banyak masih didominasi Jakarta dan Medan. Bahkan, penambahan extra flight ini tidak memengaruhi jadwal yang telah ada sebelumnya.

“Petugas sudah menyesuaikan semua jadwal penerbangan,” terang Badrudin.

Penambahan penerbangan, tergantung maskapai penerbangan

Disinggung apakah kedepan masih ada rencana penambahan penerbangan, Badrudin menjelaskan hal tersebut dikembalikan kepada maskapai masing-masing.

“Semua itu tergantung dari masing-maisng masakapai, namun untuk saat ini yang sudah oke baru 64 tambahan penerbangan extra yang penerbanganya dimulai sejak kemarin, 15 April 2023 hingga 21 April 2023 mendatang,” ujar Badrudin.

Memasuki H-6 perayaan Idul Fitri 1444 Hijraih, Bandara Internasional Hang Nadim mencatat pergerakan penumpang per 15 April 2023 mengalami peningkatan dibandingkan operasi Angkutan Lebaran Idul Fitri tahun sebelumnya yaitu, sebanyak 13.403 pax atau naik 3.0 persen.KOMPAS.COM/HADI MAULANA Memasuki H-6 perayaan Idul Fitri 1444 Hijraih, Bandara Internasional Hang Nadim mencatat pergerakan penumpang per 15 April 2023 mengalami peningkatan dibandingkan operasi Angkutan Lebaran Idul Fitri tahun sebelumnya yaitu, sebanyak 13.403 pax atau naik 3.0 persen.

Badrudin melanjutkan, tingginya jumlah pemudik tahun ini juga tidak terlepas dari keputusan resmi Pemerintah terkait dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Tentu saja hal ini menjadi salah satu hal utama yang menjadi perhatian Bandara Internasional Hang Nadim.

“Khusus pada tanggal 15 April 2023 kemarin, tercatat Lion Air menambah penerbangan sebanyak empat penerbangan dan Citilink sebanyak empat penerbangan dari reguler flight,” pungkas Badrudin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com