Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Alam Taman Nasional Gunung Merapi Buka Lagi mulai 17 April

Kompas.com - 17/04/2023, 12:33 WIB
Wijaya Kusuma,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Obyek Wisata Alam (OWA) di Wilayah Taman Nasional Gunung Merapi kembali dibuka sejak 17 April 2023. Balai Taman Nasional Gunung Merapi telah melakukan pemantauan dan memastikan OWA telah siap dan aman untuk di buka kembali.

Pembukaan kembali Obyek Wisata Alam (OWA) di Wilayah Taman Nasional Gunung Merapi tertuang dalam surat pengumuman Nomor: PG.05/BTNGM/TU/ren/04/2023.

Baca juga:

Surat tentang pembukaan OWA di wilayah Taman Nasional Gunung Merapi ditandatangi oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi Muhammad Wahyudi pada 14 April 2023.

"Kami sampaikan bahwa obyek wisata Alam Tlogo Muncar, Obyek Wisata Alam Plunyon-Kalikuning dan Obyek wisata Alam Jurang Jero dibuka kembali untuk umum sejak tanggal 17 April 2023," ujar Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi Muhammad Wahyudi dalam surat pengumuman Pembukaan OWA Wilayah TNGM, Senin (17/04/2023).

Wahyudi menyampaikan, pihaknya telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan masyarakat di sekitar OWA, instansi terkait, dan pemerintah setempat.

Hal ini guna membahas kesiapan jika dimungkinkan dibuka kembali OWA di kawasan TNGM.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Selain itu, sebelum dibuka kembali, Balai Taman Nasional Gunung Merapi juga telah melakukan pemantauan. Langkah pemantuan ini untuk memastikan keamanan OWA di wilayah Taman Nasional Gunung Merapi.

"Dapat dipastikan telah siap dan aman untuk di buka kembali," tegasnya.

Baca juga:

Muhammad Wahyudi menuturkan perlunya koordinasi lebih lanjut terkait dengan pembukaan Obyek wisata alam (OWA) di Wilayah Taman Nasional Gunung Merapi.

"Secara umum kesiapan dan perlunya berkoordinasi lebih lanjut untuk mendukung pembukaan kembali OWA di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi," ucapnya.

Untuk diketahui, OWA di Wilayah Taman Nasional Gunung Merapi sempat dilakukan penutupan sementara sejak 12 Maret 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com