Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat untuk Mengenang Jejak Kartini, Museum hingga Makam

Kompas.com - 17/04/2023, 14:06 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini pada 21 April setiap tahunnya. Ada sejumlah tempat untuk mengenang jejak Kartini, yang berada di Kabupaten Jepara dan Rembang.

Sosok Kartini, atau Raden Ajeng (R.A.) Kartini merupakan tokoh emansipasi yang memperjuangkan hak-hak perempuan, termasuk perempuan di Jawa, agar dapat mengenyam pendidikan. 

Baca juga: 4 Kota di Belanda Jadikan RA Kartini Nama Jalan, Sudah Tahu?

Baca juga: 10 Wisata Jepara, Ada Museum Kartini dan Taman Air Terbesar di Jateng

Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879. Pahlawan Nasional tersebut meninggal dalam usia 25 tahun pada 17 September 1904, kemudian dimakamkan di Rembang, Jawa Tengah. 

Oleh sebab itu, tempat untuk mengenang jejak Kartini berada di Jepara dan Rembang. Masyarakat bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut untuk mengenal sosok dan perjuangan Kartini lebih dalam.

Tempat mengenang jejak Kartini

Berikut sejumlah tempat untuk mengenang jejak kartini yang berada di Kabupaten Jepara dan Rembang, seperti dihimpun Kompas.com. 

1. Pendopo Kabupaten Jepara 

Pendopo Kabupaten JeparaDok. http://tic.jepara.go.id/ Pendopo Kabupaten Jepara

Sebagai anak bupati, Kartini muda banyak menghabiskan waktu di kediamannya, salah satunya pendopo Kabupaten Jepara. Berdasarkan informasi dari situs Pesona Indonesia, pendopo kabupaten ini dulunya dibagi menjadi beberapa ruang menggunakan penyekat. 

Kartini muda menghabiskan masa pingitan menunggu lamaran di Pendopo Kabupaten Jepara. Kemudian, pendopo ini juga menjadi tempat berkumpul keluarga Kartini, ruang makan, dan tempat tidur Kartini beserta saudaranya. 

Ada pula serambi belakang pendopo tempat Kartini mewujudkan salah satu perjuangannya, yaitu mendirikan sekolah perempuan. Banyak ahli sejarah yang mengemukakan bahwa Pendopo Kabupaten Jepara ini merupakan lokasi Kartini menuangkan ide-ide emansipasi wanita.

2. Monumen Ari-ari Kartini 

Monumen ari-ari RA Kartini, JeparaDok. http://tic.jepara.go.id Monumen ari-ari RA Kartini, Jepara

Masyarakat juga bisa mengenang kelahiran Kartini dengan mendatangi Monumen Ari-ari Kartini. Lokasinya berada di Desa Pelemkerep, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara.

Mengutip situs web Tourism Information Center Jepara, monumen tersebut merupakan lokasi ari-ari atau plasenta waktu Kartini lahir yang dipendam dalam tanah sesuai dengan adat Jawa.  Dulunya, lokasi tersebut merupakan rumah keluarga Kartini. 

Monumen yang didirikan pada 1979 tersebut menyerupai bunga teratai yang bermakna kelahiran. Kuncup kedua bunga teratai berjumlah 21 yang mewakili tanggal kelahiran Kartini. 

Baca juga: Sambut Hari Kartini dengan 7 Makanan Khas Jepara

Baca juga: Kalau Kamu ke Jepara, Nikmati Keelokan Pantai Kartini

3. Pantai Kartini

Kawasan Pantai Kartini, Jepara.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Pantai Kartini, Jepara.

Pantai Kartini merupakan salah satu obyek wisata populer di Kabupaten Jepara. Mengutip laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, pantai ini merupakan tempat wisata bagi keluarga dan kerabat Kartini untuk beristirahat dan melepas lelah. 

Di pantai ini pula Kartini kecil sering bermain-main, sehingga diberi nama Pantai Kartini untuk mengenang jasa pahlawan emansipasi wanita tersebut.

Adapun ikon dari Pantai Kartini adalah Kura-Kura Ocean Park, yang berbentuk kura-kura raksasa. Pengunjung bisa menyaksikan akuarium raksasa yang menampilkan koleksi satwa laut seperti hiu, penyu sisik, pari, kakap, kerapu, buntal, dan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com