Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garangao, Tradisi Ramadhan di Qatar agar Anak Semangat Puasa

Kompas.com - 17/04/2023, 17:19 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Qatar punya beragam tradisi dalam merayakan bulan Ramadhan, salah satunya garangao. Tradisi ini dilakukan oleh anak-anak di negara tersebut agar lebih semangat berpuasa.

Garangao umumnya dilakukan pada pertengahan bulan Ramadhan atau sekitar tanggal 14 malam. Anak-anak di Qatar akan memakai baju tradisional beraneka warna, lalu berkelompok dan mengunjungi tetangga-tetangga mereka sambil menyanyikan lagu khas garangao.

Baca juga:

"Mereka berkeliling dari rumah ke rumah sambil membawa tas katun yang digantung di leher, menyapa para tetangga yang siap memberikan mereka permen, kacang-kacangan, atau makanan kecil lain," bunyi keterangan resmi soal garangao dari acara Years of Culture dari Qatar, dikutip Senin (17/4/2023).

Saat ini garangao dirayakan di berbagai tempat, termasuk pusat perbelanjaan dan area ruang terbuka lainnya. 

Tahun ini beberapa lokasi yang mengadakan acara garangao, dikutip dari Doha News, antara lain Al Asmakh Mall, Corniche Plaza, dan Galeries Lafayette di Katara Cultural Village.

Baca juga: Kemenparekraf Garap Kerja Sama dengan Qatar Airways untuk Promosi Wisata Indonesia

Asal usul nama garangao

Ilustrasi tas berisi kacang yang dibawa anak-anak di Qatar saat melakukan tradisi garangao. Tas ini dipajang saat acara Qatari Nights dalam rangkaian Years of Culture di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (14/4/2023).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Ilustrasi tas berisi kacang yang dibawa anak-anak di Qatar saat melakukan tradisi garangao. Tas ini dipajang saat acara Qatari Nights dalam rangkaian Years of Culture di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (14/4/2023).

Dilansir dari laman Visit Qatar, kata "gara" dari garangao bersumber dari bahasa Khaliji di semenanjung Arab guna mendeskripsikan bunyi dua benda yang saling beradu. 

Kata tersebut menggambarkan suara dari kacang-kacangan dan aneka manisan dalam tas yang dibawa anak-anak saat berkeliling ke rumah tetangga-tetangga mereka.

Baca juga:

Garangao juga dikenal sebagai gargaaown di Bahrain, karkee'aan atau qariqaan di Arab Saudi, gargee'aan atau girgian di Kuwait, at-tablah atau qarnakosh di Oman, dan hag al-leylah di Uni Emirat Arab (UEA).

Baca juga: 7 Tradisi Ramadhan di Arab Saudi, Ada yang Mirip Indonesia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com