Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, 500.000 Wisatawan Diprediksi Kunjungi Kota Batu

Kompas.com - 18/04/2023, 21:32 WIB
Nugraha Perdana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Sebanyak ratusan ribu wisatawan diprediksi akan datang ke Kota Batu, Jawa Timur, selama momen libur Lebaran mulai Rabu (19/4/2023) sampai Selasa (25/4/2023)l mendatang.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan, diperkirakan akan ada 500.000 hingga 600.000 wisatawan yang berkunjung. Prediksi itu meningkat dibandingkan dengan libur Lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: 6 Museum di Batu, Bisa Wisata Sekaligus Belajar

"Pada 2021 ada 135.000 wisatawan yang masuk, pada 2022 ada 430.000 sekian wisatawan yang masuk, target tahun 2023 ada sekitar 500.000 sampai 600.000 wisatawan," kata Aries pada Selasa (18/4/2023).

Pihaknya juga telah melakukan rapat lintas sektor bersama kepolisian dan para pelaku industri wisata terkait pengamanan dan penanganan kemacetan di Kota Batu selama libur Lebaran. Menurutnya, kemacetan di Kota Batu tidak bisa dihindarkan.

Baca juga: 5 Tips Berwisata di Kota Batu Saat Musim Hujan, Pilih Tempat Wisata yang Pas

"Kita berharap semua berjalan lancar. Meskipun kemacetan tetap ada, tetapi bagaimana kita memberikan pelayanan maksimal agar wisatawan tetap nyaman meski di tengah kemacetan," katanya.

"Yang paling kerjasama dengan pihak pengamanan, obyek wisata dan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) adalah bagaimana keramahan untuk menyambut, jadi orang macet itu bagaimana dibuat senyaman mungkin tapi tidak membuat mereka boring atau bosan di dalam perjalanan itu," tambah Aries.

Kemungkinan belum seramai sebelum pandemi Covid-19

Wahana bunga di Batu Love Garden, Jatim Park Group di Kota Batu pada 28 Desember 2020 lalu.KOMPAS.COM/ANDI HARTIK Wahana bunga di Batu Love Garden, Jatim Park Group di Kota Batu pada 28 Desember 2020 lalu.

Hal senada juga disampaikan oleh Marketing & PR Manager Jawa Timur Park Group, Titik S Ariyanto.

Dia memperkirakan, kunjungan wisatawan di semua tempat wisata Jawa Timur Park akan meningkat 100 persen. Menurutnya, pengunjung akan ramai setelah Lebaran.

Baca juga: Keliling Kota Batu Gratis Naik Dokar, Cek Jadwal dan Rutenya

"Prediksi pasti meningkat karena orang tiga tahun sudah tidak keluar rumah, pasti ramai, karena hari liburnya weekend (akhir pekan) bisa jadi, Lebaran kan antara Jumat dan Sabtu, biasanya orang H+2 Lebaran jalan-jalan, kalau lebarannya hari Sabtu kemungkinan Senin, tapi Minggu aku prediksi sudah mulai ramai, Senin juga ramai," jelas Titik.

Namun, Titik tidak yakin bila jumlah kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2023 bisa ramai seperti tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19.

"Tapi saya belum bisa memastikan ini bisa seramai tahun-tahun sebelum pandemi, kisaran prediksiku Lebaran ini masih ribuan, bisa sampai 3.000-4.000 orang," katanya.

Baca juga: Sektor Pariwisata di Junrejo Kota Batu Belum Optimal, Ini Sebabnya

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com