Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Pemerintah Proyeksikan Perputaran Ekonomi Capai Rp 240 Triliun

Kompas.com - 19/04/2023, 17:08 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah memproyeksikan momentum mudik dan libur Lebaran 2023 akan meningkatkan perputaran perekonomian Indonesia hingga mencapai Rp 240,1 triliun.

Angka itu meningkan dibanding target sebelumnya yakni Rp 150 triliun, sebagaimana diberitakan Kompas.com, Selasa (4/4/2023).

"Dengan asumsi menggunakan basis pengeluaran wisatawan nusantara saat mudik Lebaran periode 2019-2021 sekitar Rp 1,94 juta, maka diproyeksikan perputaran ekonomi naik dari angka estimasi awal Rp 150 triliun ke Rp 240,1 triliun," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf di Jakarta, Senin (17/4/2023).

Baca juga:

Naiknya proyeksi perputaran ekonomi tersebut, kata dia, tidak lepas dari prediksi pertumbuhan pergerakan masyarakat saat musim mudik tahun ini yang diperkirakan naik sebesar 44,2 persen dibanding tahun lalu, atau total sebesar 123,8 juta orang.

Sedangkan jumlah pergerakan masyarakat ketika momen mudik tahun 2022 tercatat sebanyak 85,5 juta orang.

Menurut Sandiaga, faktor penunjang yang kemungkinan menjadi penyebab kenaikan pergerakan masyarakat di antaranya adalah jumlah hari libur yang lebih panjang juga relaksasi kebijakan pembatasan perjalanan.

Baca juga: 8 Tempat Wisata di Sepanjang Jalur Pansela, Mampir Saat Mudik

Dalam hal ini, Kemenparekraf juga telah melakukan survei secara online mulai 31 Maret hingga 28 April 2023.

Berdasarkan data sementara survei hingga 14 April 2023, sebanyak 77,6 persen responden menyatakan akan melakukan perjalanan mudik selama libur lebaran 2023 dan 92 persen responden menyatakan akan berwisata selama periode libur lebaran 2023. 

"Ini tentunya patut kita syukuri, tapi kita harus juga mengantisipasi agar pengelola destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif tetap menerapkan seluruh protokol CHSE, protokol keamanan, keselamatan, kesehatan dan keberlanjutan lingkungan," ucap dia.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Prediksi titik pergerakan mudik Lebaran 2023

Ratusan pemudik gratis menggunakan kapal perang KRI Banjarmasin 592 dari Jakarta baru saja bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Rabu (19/4/2023). Para penumpang tiba pada pukul 12.30 WIB.KOMPAS.COM/Titis Anis Fauziyah Ratusan pemudik gratis menggunakan kapal perang KRI Banjarmasin 592 dari Jakarta baru saja bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Rabu (19/4/2023). Para penumpang tiba pada pukul 12.30 WIB.

Berdasarkan survei lapangan yang dilakukan Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf ke beberapa lokus yang menjadi titik pergerakan mudik, lokasi yang diprediksi menjadi jalur utama arus mudik yaitu, Pulau Jawa terutama Jateng dan Jabar (Cirebon).

Kemudian dilanjutkan dengan Pulau Sulawesi, terutama di Makassar. Lalu untuk Pulau Sumatera ada Lampung, kemudian di daerah sekitar Kota Padang sebagai jalur utama arus mudik untuk perwakilan wilayah barat tengah dan timur. 

Baca juga:

Sedangkan lima daerah asal perjalanan terbanyak pada lebaran 2023 adalah Jawa Timur sebesar 17,1 persen, Jawa Tengah 15,1 persen, Jabodetabek 14,8 persen, Jawa Barat Non-Bodebek 12,1 persen, dan Sumatra Utara 3,6 persen.  

"Kemudian, daerah tujuan perjalanan terbanyak adalah Jawa Tengah sebesar 26,45 persen, Jawa Timur sebesar 19,87 persen, dan beberapa daerah lainnya," ujar Sandiaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com