Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan ke Pantai di Gunungkidul, Awas Rip Current yang Berbahaya

Kompas.com - 20/04/2023, 11:43 WIB
Markus Yuwono,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Pada libur Lebaran 2023, diperkirakan gelombang di Pantai Selatan Gunungkidul, DI Yogyakarta, landai.

Namun demikian, wisatawan tetap harus mengikuti arahan dari tim Satlinmas Rescue Istimewa saat bermain air.

Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Surisdiyanto menyampaikan untuk libur lebaran diperkirakan gelombang cukup landai. Sehingga tidak telalu berbahaya untuk bermain di pinggir pantai.

Baca juga: Libur Lebaran, Rekayasa Lalu Lintas Diterapkan di Jalur Wisata di Gunungkidul

"Meski gelomban landai, wisatawan diimbau jangan sampai main terlalu ke tengah. Selain imbauan melalui pengeras dan langsung oleh petugas, sudah dipasang rambu di semua pantai," kata Suris saat dihubungi melalui sambungan telepon Rabu (19/4/2023).

Waspada rip current yang berbahaya

Pihaknya juga berharap wisatawan untuk mewaspadai arus balik atau rip current yang ada di setiap pantai. Jangan sampai bermain atau berenang di sekitar lokasi tersebut.

"Sudah ada papan informasi, kalau di Bantul rip current itu berubah-ubah. Kalau di sini (pantai Gunungkidul) lokasinya menetap. Contohnya di Pantai Drini sekitar pendaratan kapal," kata dia.

Selama libur lebaran 2023 pihaknya menyiagakan 64 personel dengan tiga unit mobil ambulans, empat kapal jukung, dua jetski, dan satu atv.

Pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan wisatawan dibanding tiga tahun terakhir, karena saat ini sudah tidak ada lagi pembatasan.

Baca juga: Catat, Tarif Parkir Resmi di Wisata Pantai Gunungkidul

"Nanti kita siapkan jalur evakuasi melalui laut jika terjadi kemacetan. Korban akan dievakuasi melalui laut didaratkan di pantai Ngrenehan (Saptosari). Kita juga pasang rambu jalur evakuasi tsunami, dan bukit rawan longsor," kata Suris.

Sementara di wilayah I, sekitar Pantai Wediombo, Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi I pantai Sadeng menyiapkan 35 personel dengan perahu tiga, mobil ambulan lima, atv dua, dan satu Jetsky.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Wediombo, Gunungkidul.

"Kita sudah siap mengamankan libur lebaran nanti," kata Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi I pantai Sadeng, Sunu Handoko Bayu Sagara.

Sunu mengimbau kepada wisatawan untuk mematuhi rambu dan imbauan petugas saat bermain air di sekitar pantai selatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com