Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2023, 15:05 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Yogyakarta merupakan salah satu destinasi para pemudik pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah (H). Ada sejumlah masjid di Yogyakarta untuk shalat Idul Fitri 1444 H bagi para pemudik beserta keluarga.

Baca juga: Puncak Kunjungan Wisatawan ke Yogyakarta Diprediksi H+3 Lebaran 2023

Baca juga: Jangan Kecele, Keraton Yogyakarta Tutup 3 Hari Saat Libur Lebaran

Masjid tersebut termasuk masjid ikonik di Yogyakarta yang memiliki nilai sejarah. Jadi, selain ibadah para jamaah bisa mengagumi keindahan bangunan masjid beserta sejarahanya. 

Berikut rekomendasi masjid di  Yogyakarta untuk shalat Idul Fitri 1444 H, seperti dihimpun Kompas.com.

1. Masjid Gedhe Kauman

Masjid bersejarah di Yogyakarta, Masjid Gedhe Kaumankebudayaan.kemdikbud.go.id Masjid bersejarah di Yogyakarta, Masjid Gedhe Kauman

Selain tempat ibadah, Masjid Gedhe Kauman merupakan salah satu ikon wisata Kota Yogyakarta. Masjid ini  didirikan pada 1773 sehingga sudah berusia 249 tahun.

Lokasinya berada di sebelah barat Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Mengutip Tribun News, Masjid Gedhe Kauman akan menggelar jamaah shalat Idul Fitri 1444 H pada Jumat (21/4/2023).

2. Masjid Gedhe Mataram Kotagede

Suasana gerbang utama Masjid Gedhe Mataram Kotagede, Yogyakarta, Jumat (15/4/2022).Kompas.com/Wisang Seto Pangaribowo Suasana gerbang utama Masjid Gedhe Mataram Kotagede, Yogyakarta, Jumat (15/4/2022).

Saat memasuki halaman Masjid Gedhe Mataram Kotagede, para jamaah akan menjumpai sebuah pohon beringin tua berusia ratusan tahun, yang merupakan ikon masjid tersebut.

Masjid bersejarah ini merupakan tempat bersejarah penyebaran agama Islam di Kerajaan Mataram Islam. Masjid ini didirikan sekitar tahun 1587 oleh Panembahan Senopati atau Danang Sutawijaya, raja pertama Mataram Islam.

Sembari melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 H, para jamaah bisa napak tilas kelahiran Islam di Kota Gudeg.

3. Masjid Jogokariyan

Masjid jogokariyanKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Masjid jogokariyan

Masjid Jogokariyan adalah salah satu masjid bersejarah yang berada di Jalan Jogokariyan, Mantrijeron, Yogyakarta. Selama Ramadhan, masjid bersejarah ini selalu ramai karena menyediakan hingga 3.000 makanan untuk buka puasa gratis.

Masjid Jogokariyan dibangun sejak 1966 dan mulai digunakan oleh masyarakat pada 1967. Selain tempat ibadah, masjid ini dilengkapi dengan Islamic Center yang terdiri dari tiga lantai serta penginapan.

Baca juga: 5 Tips Buka Puasa di Masjid Jogokariyan Yogyakarta, Berwudu Sebelum Berangkat

Baca juga: 8 Restoran dengan View Sawah di Yogyakarta

4. Masjid Suciati

Bangunan Masjid Suciati Saliman di jalan Gito Gati, Grojogan, Pandowoharjo, Sleman, YogyakartaKOMPAS.com / Wijaya Kusuma Bangunan Masjid Suciati Saliman di jalan Gito Gati, Grojogan, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta

Masjid Suciati memiliki arsitektur masjid unik yakni serupa dengan Masjid Nabawi di Madinah, dengan tambahan corak khas Jawa. Lokasinya berada di Jalan Gito Gati, Grojogan, Pandowoharjo, Sleman.

Masjid ini didirikan pengusaha pemotongan ayam, Suciati Saliman Riyanto Raharjo. Ada sejumlah lambang Islam di masjid ini, yakni pintu berjumlah sembilan, yang menggambarkan Wali Songo penyebar agama Islam di tanah Jawa.

Kemudian terdapat lima menara yang menjulang ke atas, melambangkan salat lima waktu. Kemudian terdapat bedug yang dibuat dari kayu trembesi berusia lebih dari 100 tahun dan kulit kerbau jantan

5. Masjid Syuhada

Masjid Syuhada saat Ramadhan kali ini sediakan menu Nusantara untuk takjil, Kamis (23/3/2023)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO Masjid Syuhada saat Ramadhan kali ini sediakan menu Nusantara untuk takjil, Kamis (23/3/2023)

Masjid ini terletak di pusat kota, yang berjarak sekitar lima menit dari Jalan Malioboro. Tepatnya di Jalan I Dewa Nyoman Oka Nomor 13, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Masjid bersejarah ini dibangun pada 1950. Tujuan didirikan masjid ini adalah mewujudkan cita-cita mulia para syuhada yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa dan negara.

Masjid ini memiliki desain modern dengan kubah hijau kebiruan indah dan fasad biru. Para jamaah juga bisa menemukan fasilitas aula dan perpustakaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com