Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2023, 20:07 WIB
Sania Mashabi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kota Tua termasuk salah satu opsi tempat untuk menghabiskan libur Lebaran 2023 di Jakarta. Lokasinya strategis karena bisa dijangkau dengan kendaraan umum, salah satunya bus Transjakarta.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan deretan bangunan tempo dulu, tapi juga menyewa sepeda, berfoto di banyak spot Instagramable, nongkrong di kafe, dan mengunjungi museum-museum di sekitarnya.

Baca juga:

Adapun museum yang ada di kawasan tersebut, antara lain Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Kerami, serta Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah). 

Jam buka dan harga tiket Kota Tua saat libur Lebaran 2023

Museum Fatahillah.Dok/ Shutterstock/kharisbhe Museum Fatahillah.

Mengunjungi Kota Tua tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Biaya baru akan dikenakan jika pengunjung memasuki salah satu museum di kawasan ini.

Namun, harap diperhatikan bahwa Kota Tua akan tutup pada hari pertama Lebaran 2023 atau pada Sabtu (22/4/2023). Kawasan ini akan dibuka kembali pada hari kedua Lebaran 2023 atau Minggu (23/4/2023), sekitar pukul 06.00 WIB-21.00 WIB.

"Hari-H Lebaran Kawasan Kota Tua tutup," kata Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua Irfal Guci kepada Kompas.com, Sabtu (15/4/2023).

Penutupan ini, lanjut dia, dalam rangka menghormati perayaan Lebaran 2023.

Baca juga:

Selain kawasan Kota Tua, sejumlah museum juga akan tutup saat hari pertama Lebaran 2023. Dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (20/4/2023), museum tersebut, antara lain Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Tekstil, dan Museum Bahari.

Jangan khawatir, pada Minggu (23/4/2023) atau hari kedua Lebaran 2023, museum-museum tersebut akan dibuka kembali.

Baca juga: Harga Tiket dan Jam Buka Ancol Saat Libur Lebaran 2023

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com