Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2023, 20:46 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I atau AP I (Persero) telah melayani sebanyak 238.111 pergerakan penumpang pada puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2023, yang terjadi pada Rabu (19/4/2023) atau H-3 Lebaran.

Selain itu, AP I juga melayani sebanyak 1.914 pergerakan pesawat udara di 15 bandara yang dikelola.

Baca juga:

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, jumlah pergerakan penumpang dan pesawat pada puncak arus mudik Lebaran ini lebih tinggi dari prediksi awal, yaitu 210.000 pergerakan penumpang dan 1.750 pergerakan pesawat udara.

"Pada puncak arus mudik Lebaran 2023, kami mencatat jumlah pergerakan penumpang dan pesawat udara di 15 bandara melebihi angka prediksi awal kami. Realisasi jumlah pergerakan penumpang lebih tinggi 13 persen dibandingkan prediksi awal," kata Faik dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Kamis (20/4/2023).

Baca juga: Lion Air Beri Promo Arus Balik Mudik 2023, Yogya-Jakarta Rp 504.000

Sementara itu, realisasi jumlah pergerakan pesawat udara lebih tinggi sembilan persen dibandingkan angka prediksi awal yang disampaikan sebelumnya.

"Tingginya angka trafik yang jauh melebihi prediksi ini tentunya merupakan hal yang sangat positif, seiring dengan semakin meningkatnya minat warga masyarakat untuk bepergian pada periode Lebaran tahun ini," ujarnya lagi.

Bandara Ngurah Rai Bali catat trafik tertinggi

Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Terdapat tiga bandara dengan jumlah pergerakan penumpang tertinggi pada puncak arus mudik Lebaran 2023 pada Rabu (19/4/2023).

Pertama adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 61.466 pergerakan penumpang, disusul Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo dengan 49.614 pergerakan penumpang, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 37.464 pergerakan penumpang.

Baca juga:

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, yang bukan merupakan kantong pemudik, justru mengalami pertumbuhan tertinggi jumlah pergerakan penumpang pada puncak arus mudik Lebaran 2023, dibandingkan puncak arus mudik Lebaran 2022, yakni mencapai 94 persen.

Bandara di Kabupaten Badung, Bali, ini juga melayani jumlah pergerakan penumpang terbanyak sejak hari pertama operasional Posko Lebaran 2023, mulai Jumat (14/4/2023) hingga Rabu (19/4/2023), dengan total pergerakan penumpang mencapai 315.633 pergerakan.

"Tingginya angka pergerakan penumpang yang dilayani menunjukkan masih tingginya minat warga masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan Hari Raya Idul Fitri di Bali," tutup dia.

Baca juga: Jelang Puncak Arus Mudik, Bandara Hang Nadim di Batam Tambah 64 Penerbangan

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com