Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Bromo Tetap Buka Saat Lebaran, Pengunjung Dilarang Dekati Kawah

Kompas.com - 22/04/2023, 13:01 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wisata Bromo di Jawa Timur tetap buka selama libur Lebaran 2023. Informasi tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Bagian (Kabag) TU Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Septi Eka Wardhani.

Kendati demikian, pengunjung dilarang untuk mendaki ke kawah Bromo dan dilarang melakukan aktivitas wisata pada radius satu kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo.

"Status aktivasi Gunung Bromo saat ini adalah Waspada Level III, sehingga pengunjung dilarang mendaki," kata Septi Eka dalam keterangan resmi, Jumat (21/4/2023).

Baca juga: Kawasan Bromo Batasi Kuota Wisatawan Saat Libur Lebaran 2023

Ini artinya, pengunjung masih boleh berwisata di area lain, termasuk kawasan lautan pasir, pasir berbisik, hingga Bukit Teletubbies.

Pengunjung juga dapat menikmati spot panorama di dinding kaldera, seperti di Bukit Mentigen atau Bukit Cinta, dan Bukit Kedaluh.

Aturan kunjungan wisata ke Bromo saat libur Lebaran 2023

Adapun sejumlah aturan yang harus dipatuhi saat berwisata ke Bromo meliputi:

- Pembelian tiket dilakukan secara online melalui website bookingbromo.bromotenggersemeru.org (tidak ada pembayaran secara tunai)

- Diberlakukan kuota sebagaimana tercantum dalam website. Jika kuota habis, maka wisatawan tidak dapat masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)

Baca juga: Bisakah Langsung Beli Tiket Bromo di Loket Tanpa Booking Online?

- Pengunjung wajib memegang karcis masing-masing, mengutamakan keselamatan, membawa sampah kembali pulang, dilarang membawa narkoba dan barang berbahaya lainnya (petasan, bahan peledak, kembang api, hingga smoke bomb)

- Pengunjung wajib mematuhi segala peraturan yang berlaku dalam kawasan TNBTS

- Untuk mengurangi kemacetan dan risiko kecelakaan lalu lintas, pengunjung wajib menggunakan jip dari paguyuban

Ilustrasi wisatawan bersama jib di kawasan bromo.Shutterstock Ilustrasi wisatawan bersama jib di kawasan bromo.

- Mobil pribadi dilarang memasuki kawasan TNBTS. Batas akhir penggunaan mobil pribadi adalah rest area sebelum memasuki kawasan TNBTS

- Selama libur Lebaran, kendaraan niaga atau truk dengan roda lebih dari empat dilarang melintasi kawasan TNBTS untuk menghindari kemacetan dan mengurangi risiko kecelakaan

Baca juga: 5 Wisata Sekitar Bromo Hillside, Bisa Sekalian Dijelajah

- Pengunjung Bromo Hillside wajib membeli tiket masuk kunjungan TNBTS dan menunjukkan bukti pembelian tiket di loket pembelian tiket Bromo Hillside

- Dilarang mengoperasikan drone di dalam kawasan TNBTS kecuali bagi yang telah memiliki Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) untuk penggunaan drone pengambilan video komersial

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com