Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengejar Sunrise di Langit Danau Tiga Warna Kelimutu NTT

Kompas.com - 22/04/2023, 15:01 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

ENDE,KOMPAS.com – Kisah Danau Tiga Warna Kelimutu di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur memikat wisatawan mancanegara dan Nusantara, bahkan warga lokal di Pulau Flores.

Tiga danau berwarna di gunung Kelimutu masuk dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu. Wisatawan sering membeli paket perjalanan ke Pulau Flores dengan tujuan Danau tiga warga Kelimutu.

Liburan Lebaran 2023 pun dimanfaatkan wisatawan asal Kabupaten Manggarai Timur untuk berwisata di Danau Kelimutu.

Baca juga: Pesona Pemo, Desa Penyangga di Kawasan Danau Kelimutu

Mereka berburu matahari terbit di puncak danau Kelimutu, Sabtu, (22/4/2023). Wisatawan asal Manggarai Timur bersama rombongan keluarga itu menempuh perjalanan jauh dari Kota Borong dan menuju puncak Danau Kelimutu sebelum matahari terbit.

Wisatawan Nusantata asal Kabupaten Manggarai Timur, Edy Lento saat dihubungi Kompas.com, Sabtu, (22/4/2023) menjelaskan bahwa ia bersama anggota keluarga berwisata di danau tiga warna Kelimutu.

Pesona sunrise di Danau Kelimutu

Selama ini, ia penasaran dengan berbagai cerita dan kisah Danau tiga warna Kelimutu yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia.

Bahkan, turis asing dan domestik sering berwisata di danau itu untuk berburu matahari terbit. Dan juga melihat dari dekat tiga danau yang berbeda warna di atas gunung Kelimutu.

"Kemarin, Jumat, (21/4/2023), kami berangkat dari Manggarai Timur dan bermalam di Kampung Moni. Tadi subuh sekitar jam 04.00 WITA, kami menyusuri perbukitan ke Danau Kelimutu dan memarkir kendaraan di tempat parkir di lereng bukit," ujar dia.

Baca juga: Pati Ka Dua Bapu Ata Mata, Ritual Beri Makan Leluhur di Danau Kelimutu

Selanjutnya, mereka berjalan kaki menuju puncak gunung Kelimutu dengan menaiki tanggga hingga tiba di puncak gunung Kelimutu.

Edy Lento menjelaskan, perjalanan menuju ke puncak Kelimutu sungguh menakjubkan dengan keindahan alam di kawasan hutan tersebut serta keunikan alam dengan tiga danau di puncak gunung Kelimutu.

Wisatawan Nusantara asal Manggarai Timur berburu Sunrise di Puncak Danau Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT, Sabtu, (22/4/2023). (KOMPAS.com/DOK WISATAWAN MATIM/RATNA DJABUR)KOMPAS.COM/DOK/WISATAWAN MATIM/RATNA DJABUR Wisatawan Nusantara asal Manggarai Timur berburu Sunrise di Puncak Danau Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT, Sabtu, (22/4/2023). (KOMPAS.com/DOK WISATAWAN MATIM/RATNA DJABUR)

"Pagi ini cuaca sangat cerah, sehingga kami bisa memotret sunrise serta merasakan cuaca dingin di puncak gunung Kelimutu yang terdapat tiga danau berwarna yang eksotis," tutur dia.

Mereka merasakan keajaiban yang disuguhkan alam semesta serta sinar matahari di puncak gunung Kelimutu.

Edy Lento menambahkan, setiba di puncak gunung Kelimutu di lokasi tugu puncak Kelimutu, mereka juga berjumpa dengan wisatawan lain dari luar negeri dan daerah lain di Indonesia yang sama-sama berburu sunrise di puncak gunung Kelimutu.

Baca juga: Bukan Hanya Danau Tiga Warna, Ini Destinasi Wisata Budaya dan Alam di Sekitar Kelimutu

"Danau tiga warna Kelimutu merupakan satu destinasi danau yang sudah terkenal di seluruh dunia. Wisatawan mancanegara dan Nusantara sering membeli paket perjalanan ke Danau Kelimutu yang berada di pegunungan Kelimutu," jelasnya.

Sebagaimana diketahui bahwa agen perjalanan dan pemandu wisata di Pulau Flores, Bali dan Jakarta sudah memasukkan danau Kelimutu menjadi destinasi favorit di Pulau Flores.

Dari Flores Barat arat ke Flores Timur dan sebaliknya, menjual paket perjalanan wisata ke danau Kelimutu. Ini merupakan warisan wisata alam dan wisata danau di Pulau Flores, NTT.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com