Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pantai di Yogyakarta, Cocok buat Libur Lebaran 2023 

Kompas.com - 22/04/2023, 16:05 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Menghabiskan waktu libur Lebaran 2023 di kawasan pantai menjadi kegiatan favorit masyarakat. Jika berada di Yogyakarta, ada beragam pantai yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga dan teman.

Baca juga: 10 Rekomendasi Masjid di Yogyakarta untuk Shalat Idul Fitri 1444 H

Baca juga: 8 Restoran dengan View Sawah di Yogyakarta

Selain menikmati ombak di tepi pantai, ada beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan, seperti snorkeling, bermain pasir, wisata kuliner seafood, berfoto, melihat sunrise, dan lainnya.

Berikut rekomendasi pantai di Yogyakarta yang cocok buat libur Lebaran 2023 seperti dihimpun Kompas.com

1. Pantai Parangtritis 

Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Pantai Parangtritis masih jadi tujuan utama wisatawan saat pelesir ke Bantul. Contoh teks deskripsi subyektif tentang pantai.UNSPLASH/Elang Wardhana Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Pantai Parangtritis masih jadi tujuan utama wisatawan saat pelesir ke Bantul. Contoh teks deskripsi subyektif tentang pantai.

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai populer di Yogyakarta. Pantai ini dikelilingi tebing batu karang dan gunung-gunung pasir yang disebut gumuk.

Wisatawan yang berkunjung bisa menyewa ATV atau menaiki delman sepanjang pinggiran pantai. Lokasinya berada di Desa Parangtritis, Kabupaten Bantul.

2. Pantai Parangkusumo 

Gumuk Pasir Parangkusumo, YogyakartaShutterstock Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta

Tak jauh dari Pantai Parangtritis, ada Pantai Parangkusumo. Pantai ini terkenal dengan keberadaan Gumuk Pasir Parangkusumo. Di bukit pasir ini pengunjung bisa mencoba olahraga sandboarding ataupun foto Instagramable.

Karena keindahannya, Pantai Parangkusumo kerap menjadi lokasi foto pre-wedding.

3. Pantai Depok 

Ilustrasi Pantai Depok, Bantul.SHUTTERSTOCK/HARYANTA.P Ilustrasi Pantai Depok, Bantul.

Jika kamu ingin berburu kuliner seafood, cobalah datang ke Pantai Depok. Pantai ini terkenal sebagai tempat makan seafood karena lokasinya berdekatan dengan tempat perlelangan ikan.

Wisatawan bisa menemukan beragam warung seafood di tepi pantai. Sembari menikmati aneka hidangan laut, wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai maupun sunset.

Pantai Depok berada di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

4. Pantai Goa Cemara

Pohon cemara di pantai Goa Cemara, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.shutterstock/Zakaria Saputra Pohon cemara di pantai Goa Cemara, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Goa Cemara cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata pantai yang rindang. Di pantai ini, wisatawan bisa menemukan pohon cemara berjajar rapi.

Tak hanya hutan cemara, wisatawan juga bisa menaiki mercusuar setinggi 40 meter yang berada tidak jauh dari Pantai Goa Cemara. Dari atas mercusuar, tersaji pemandangan pantai-pantai di sekitar Goa Cemara, hamparan hutan cemara, dan lautan biru yang indah.

Pantai Goa Cemara berada di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.

Baca juga: 6 Aktivitas di Glamping Menoreh Yogyakarta, Makan Siang di Hutan

Baca juga: 5 Tips ke La Li Sa Farmer’s Village Yogyakarta agar Dapat Foto Bagus

5. Pantai Indrayanti 

Pantai Indrayanti, Gunungkidul, Yogyakarta.SHUTTERSTOCK/LUCKY VECTORSTUDIO Pantai Indrayanti, Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai primadona di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. 

Pesona Pantai Indrayanti adalah hamparan pasir putih yang dikelilingi bebatuan karang. Deburan ombak khas pantai selatan menambah keindahan Pantai Indrayanti.

Selain itu, fasilitas di Pantai Indrayanti terbilang lengkap mulai dari restoran, penginapan atau homestay, mushala, dan lahan parkir luas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com