Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2023, 21:31 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com – Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT), mungkin selalu membuat banyak orang penasaran untuk bisa mengunjunginya.

Pulau Flores pun menjadi destinasi wisata unggulan di NTT untuk dijelajah wisatawan, peneliti lingkungan hidup, peziarah, hingga arsitek.

Belum lama ini, wisatawan asal Jakarta yang dipandu pemilik Coffee For Rest Manggarai Timur bernama Marianus Supriadi, mengelilingi Pulau Flores dari Larantuka, Flores Timur, Maumere, Kabupaten Sikka.

Baca juga: Menyusuri Pantai Selatan Pulau Flores NTT, Ada Pantai hingga Gunung

Ada pula Danau Tiga Warna Kelimutu, Goa Maria, Taman Bung Karno di Kota Ende, dan masih banyak wisata lainnya.

Marianus Supriadi yang biasa disapa Adi Ama kepada Kompas.com, Minggu (23/4/2023) menjelaskan, wisatawan asal Jakarta yang berwisata di Kota Larantuka mengunjungi tempat rohani, Kapel Mgr Gabriel Manek, SVD, dan beberapa tempat ziarah rohani.

Begitu juga dengan di Kota Ende. Selain berwisata, mereka juga berkunjung ke Kota Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada. Mereka mengunjungi Kampung tradisional Bena dan tempat ziarah rohani di Kabupaten itu.

Dari Bajawa, lanjut Supriadi, wisatawan berwisata di Kota Borong dengan menikmati minuman kopi Colol di kedai Coffee For Rest dan melanjutkan perjalanan ke Kota Ruteng dengan mengunjungi tempat-tempat ziarah dan meneruskan perjalanan ke Kampung Tradisional Todo.

Baca juga: 4 Desa Wisata di Ngada, Flores Masuk 500 Besar ADWI 2023

"Saat berwisata di kampung tradisional Todo, tamu-tamu dikenakan pakaian kain Todo saat berada di kampung tersebut serta saat mengunjungi rumah adat yang memiliki ikon unik berbentuk kerucut dan beratap ijuk," jelasnya.

Supriadi menambahkan, wisatawan melanjutkan perjalanan ke Kota Labuan Bajo, kota super premium dengan mengunjungi tempat wisata di sana, kemudian kembali ke Jakarta.

Waterfront Marina, Labuan Bajo, NTT.Dok. Kementerian PUPR. Waterfront Marina, Labuan Bajo, NTT.

"Mereka memberikan kesan bahwa Pulau Flores sangat unik dan banyak tempat ziarah rohani, selain wisata alam, budaya, rumah adat dan destinasi kain tenun lainnya," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com