Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Wisata Labuan Bajo yang Dikunjungi Jokowi dan Cucunya, Ada Pink Beach

Kompas.com - 24/04/2023, 18:06 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak Minggu (22/4/2023) pagi

Di beberapa tempat wisata yang ia kunjungi, presiden juga terlihat datang bersama keluarga dan cucunya, Jan Ethes.

Baca juga:

Menurut informasi Direkrut Utama Badan Otorita Labuan Bajo, Shana Fatina, Presiden Jokowi masih akan di Labuan Bajo hingga tanggal 25 April 2023.

"Dalam rangka promosi Labuan Bajo untuk wisata dan cek kesiapan final KTT ASEAN Summit. Cek lokasi wisata, venue acara, tes makanan, tes kapal, dan lainnya," kata Shana kepada Kompas.com, Senin (24/4/2023).

Berikut sejumlah tempat wisata yang dikunjungi Jokowi dan keluarga di Labuan Bajo hingga Sabtu (24/4/2023):

1. Goa Batu Cermin

Presiden Jokowi bersama keluarga sempat berpelisir ke Goa Batu Cermin Labuan Bajo, pada Minggu (23/4/2023), dikutip Kompas.com. 

Shana mengatakan, wisata yang masih berada di dalam kota Labuan Bajo ini hanya berjarak 15 menit saja dari pelabuhan dan bandara, tepatnya di Desa Batu Cermin.

Goa Batu Cermin, NTTKementerian PUPR Goa Batu Cermin, NTT

Melipir sebentar dengan transportasi darat, maka kamu akan tiba di depan goa dari batuan gamping setinggi 75 meter ini.

"Batu Cermin menawarkan wisata goa yang menunjukkan dulu Labuan Bajo berada di bawah laut karena ada beberapa fosil (di dalam goa). Durasi kunjungan biasanya 1-2 jam tergantung experience," ucap Shana.

Setelah dipugar fasilitasnya pada tahun 2020, lanjut Shana, saat ini di sekitar Goa Batu Cermin sudah ada area khusus tenant UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) serta pertunjukan di pintu masuk goa.

Baca juga: Keliling Larantuka-Labuan Bajo, Nikmati Alam dan Kampung Tradisional

Selain menikmati keindahan Goa Batu Cermin Labuan Bajo, Presiden Jokowi juga sempat membeli produk UMKM yang dijual di kawasan tersebut.

Adapun salah satu produk yang dibeli Presiden Jokowi adalah buatan Kananta Art Shop, berupa Tas Maumere untuk Selvi Amanda, Topi Ende untuk Presiden Jokowi, Topi Maumere untuk Jan Ethes, dan Gelang Maumere untuk Sedah Mirah.

Selain itu, Presiden Jokowi juga membeli satu Kain Maumere warna biru untuk dibuatkan jas, mengutip Kompas.com, Minggu (23/4/2023).

2. Sailing pinisi menikmati sunset Labuan Bajo

Usai mengunjungi Goa Batu Cermin, Presiden Jokowi mengajak keluarga untuk menikmati panorama senja langit Labuan Bajo, di atas kapal phinisi.

Mengutip Tribunnews, Minggu (23/4/2023) kapal yang digunakan ialah Kapal Pinisi Ayanan Lako Di'a. Presiden Jokowi bersama anak dan cucu berangkat dengan kapal ini dari Pelabuhan Marina Waterfront Labuan Bajo pada pukul 17.23 WITA.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com