Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketje Corner di Blitar, Tempat Istirahat dengan Kolam Renang untuk Usir Panasnya Perjalanan

Kompas.com - 24/04/2023, 20:58 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Ramainya jalanan tentu sangat terasa saat momen libur Lebaran. Tak hanya bersilaturahim, masyarakat juga memanfaatkan hari libur dengan berwisata.

Seperti yang Kompas.com alami pada Senin (24/4/2023) ketika berkendara dengan sepeda motor dari Kabupaten Lumajang menuju Blitar, Jawa Timur untuk bersilaturahim.

Setibanya di Blitar pada siang hari, cuaca saat itu terasa sangat panas. Ditambah kondisi jalan yang macet karena jalur selatan yang sempit, hanya terdiri dari dua ruas.

Baca juga: Rute ke Candi Penataran, Peninggalan Kerajaan Kediri hingga Majapahit di Blitar

Kondisi panas dan macet jelas membuat perjalanan sangat melelahkan. Kompas.com pun akhirnya memutuskan untuk beristirahat di tempat makan pinggir jalan bernama Ketje Corner.

Kompas.com awalnya datang untuk sekadar ngopi. Namun begitu masuk, ada kolam renang yang airnya seolah melambai-lambai, mengundang fisik yang kepanasan di jalan untuk segera menceburkan diri di sana.

Tanpa pikir panjang, Kompas.com pun langsung menceburkan diri di kolam. Terlebih, tarif berenang hanya Rp 7.000 per orang.

Begitu nyebur, perjuangan berkendara di jalanan yang panas dan macet pun seolah menghilang dengan sekejap.

Baca juga: Istana Gebang di Blitar, Berkunjung ke Rumah Bung Karno Masa Remaja

Sejuknya air langsung mengusir panasnya siang hari itu. Tidak lupa, Kompas.com juga memesan satu cup kopi untuk mengusir kantuk.

Seputar Ketje Corner

Ketje Corner tepatnta berada di Sumberdiren, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Lokasinya berada di samping jalan utama Wlingi-Blitar, tepatnya sebelah barat Pasar Garum.

Lokasinya yang tepat berada di samping jalan utama, membuat tempat ini pas dijadikan tempat istirahat bagi mereka yang melakukan perjalanan melintasi jalur selatan Jawa, seperti Kompas.com.

Bagian dalam Ketje Corner, Blitar.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Bagian dalam Ketje Corner, Blitar.

Chef atau juru masak Ketje Corner bernama Arya Cahya mengatakan, konsep dari Ketje Corner adalah resto, kafe, dan kolam renang. Pengunjung yang datang bisa bersantap, ngopi, atau berenang di kolam renang.

Ada tiga kolam renang di sini. Kolam pertama untuk anak-anak dengan kedalaman 50 sentimeter, kolam medium dengan kedalaman 1 meter, dan kolam dalam dengan kedalaman 1,7 meter.

"Menu unggulan kita seafood dengan harga untuk menengah ke bawah, mulai Rp 20.000 sampai Rp 50.000," kata dia kepada Kompas.com di lokasi, Senin.

Baca juga: Desa Wisata Serang Blitar Tawarkan Wisata Pantai dan Konservasi Penyu

Untuk minuman, sambung dia, ada beragam, mulai dari es teh, es kopi, hingga mocktail. Kombinasi makanan, minuman, dan kolam renang, membuat nuansa tropis begitu terasa, seperti di Hawaii.

Pengunjung bisa bersantap di area dalam ruangan, luar ruangan, area sekitar kolam renang, hingga rooftop.

Saat sore hari, Kompas.com memutuskan untuk pindah ke area rooftop karena matahari yang sudah tidak terlalu panas. Tampak panorama ke arah jalan utama, juga kolam renang, rel kereta api, hingga pegunungan di sisi selatan.

Jam buka Ketje Corner Blitar

Jika hendak berkunjung ke Ketje Corner, saat libur Lebaran 2023 jam bukanya adalah setiap hari pukul 12.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Area Rofftop di Ketje Corner Blitar.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Area Rofftop di Ketje Corner Blitar.

Pada hari biasa, jam bukanya 10.00 WIB sampai 21.00 WIB, jika Hari Minggu (hari biasa) adalah pukul 07.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Untuk kolam renang, pengunjung hanya bisa berenang dari jam buka, hingga maksimal pukul 17.00 WIB. Pengunjung dilarang berenang pada malam hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com