Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11.781 Orang Kunjungi Nusa Penida Selama 5 Hari Libur Lebaran

Kompas.com - 26/04/2023, 18:13 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Pariwisata Kabupaten Klungkung, Bali mencatat kunjungan ke Nusa Penida mencapai 11.781 orang selama lima hari periode libur Lebaran 2023, yakni 19-23 April 2023.

Dikutip dari Tribun Bali, angka ini tercatat berdasarkan data retribusi tempat rekreasi dan olahraga yang masuk ke dalam kawasan Nusa Penida.

"Jumlah itu terdiri dari wisatawan lokal maupun wisatawan asing," ujar Kadis Pariwisata Klungkung, Ni Made Sulistiawati, seperti dikutip dari Tribun Bali, Rabu (26/4/2023).

Baca juga:

Menurutnya, angka kunjungan normal ke kawasan tersebut berkisar 1.158 orang per hari. Sehingga, kunjungan pada lima hari libur Lebaran ini dinilai cukup signifikan atau sekitar dua kali lipat hari biasa.

Adapun destinasi utama para wisatawan ketika melancong ke Nusa Penida masih merupakan wisata pantai, yakni Pantai Kelingking, Angel's Billabong, Pantai Atuh, Pantai Diamond, termasuk Crystal Bay, dan Broken Beach.

Timbulkan kemacetan

Peningkatan jumlah kunjungan juga berdampak pada lalu lintas sekitar. Namun, kemacetan yang terjadi tak berlangsung lama dan disebabkan oleh antrean.

"Macetnya hanya sebentar dan itu biasa, kemacetan karena antrean," jelas Kapolsek Nusa Penida, Kompol Ida Bagus Putra Sumerta.

Baca juga:

Kepolisian juga meningkatkan pengamanan di destinasi wisata untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan terhadap wisatawan.

Apalagi, beberapa titik di Nusa Penida memiliki tebing-tebing curam yang dapat membahayakan, serta langsung berhadapan dengan perairan selatan Bali yang relatif memiliki arus kuat.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Seperti diketahui, dalam beberapa waktu terakhir sempat terjadi kecelakaan yang dialami wisatawan Nusa Penida.

"Kami ingatkan wisatawan agar berwisata dengan aman dan nyaman. Selalu patuhi peringatan yang telah terpasang di Destinasi Wisata," ucapnya.

Baca juga: Liburan Backpacker di Nusa Penida, Ini Kisaran Biayanya

Putra Sumerta juga mengingatkan para pengelola atau pemandu wisata untuk saling mengingatkan jika ada wisatawan yang melakukan aktivitas berbahaya, seperti berswafoto di pinggir tebing atau berenang di tempat dengan ombak ganas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com