Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10.000 Wisatawan Kunjungi Museum Tsunami Aceh Saat Libur Lebaran 2023

Kompas.com - 27/04/2023, 06:08 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 10.031 orang mengunjungi Museum Tsunami Aceh di Kota Banda Aceh, Aceh, saat periode libur Lebaran 2023

"Obyek wisata museum, seperti Museum Tsunami Aceh dan Museum Aceh, turut menjadi incaran wisatawan untuk mengisi waktu libur Idul Fitri 1444 Hijriah di Aceh," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Tsunami Aceh, M Syahputra Azwar, dikutip dari Antara, Rabu (26/4/2023).

Baca juga:

Puncak kunjungan, tambah dia, terjadi pada H+3 Lebaran dengan jumlah pengunjung hingga 5.180 orang. Angka tersebut meliputi 3.996 pengunjung dewasa, 1.177 pengunjung anak-anak, dan tujuh wisatawan mancanegara (wisman).

Angka tersebut juga menunjukkan peningkatan karena jumlah kunjungan pada hari sebelumnya tercatat hingga 4.851 orang. Angka tersebut terdiri dari 3.725 pengunjung dewasa dan 1.126 pengunjung anak-anak.

Baca juga: 18 Tahun Tsunami Aceh, Ini 7 Tempat untuk Mengenang Peristiwanya

Rumah Adat Aceh yang terletak di tengah Museum Aceh ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Namun, keberadaannya kurang terungkap dibanding Museum Tsunami yang banyak disambangi wisatawan dalam dan luar negeri.KOMPAS.COM/DESI SAFNITA SAIFAN Rumah Adat Aceh yang terletak di tengah Museum Aceh ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Namun, keberadaannya kurang terungkap dibanding Museum Tsunami yang banyak disambangi wisatawan dalam dan luar negeri.

"Pengunjung Museum Tsunami Aceh pada hari libur Lebaran membeludak dibandingkan kunjungan pengunjung ke museum pada hati biasa," kata M Syahputra.

Museum Tsunami Aceh mengoleksi foto-foto peristiwa tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 lalu. Dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (12/4/2022), pengunjung juga bisa merasakan kembali munculnya gelombang tsunami pada waktu itu.

Baca juga:

Kepala Museum Aceh, Mudha Farsyah juga menyampaikan hal yang sama. Museum yang dibuka setelah libur Lebaran ini dikunjungi lebih dari 500 orang.

"Jumlah kunjungan meningkat dibanding dengan hari biasa dengan rata-rata kunjungan 300 orang," kata Mudha.

Dilansir dari laman Pemerintah Aceh, Museum Aceh didirikan sejak tahun 1915 dengan nama Atjeh Museum. 

Berlokasi di Kota Banda Aceh, museum ini mengoleksi ratusan benda budaya dan berbagai jenis buku.

Baca juga: Desa Wisata Iboih di Aceh, Punya Spot Snorkeling dan Lihat Lumba-lumba

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com