Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat Badan Lebar untuk Musim Haji 2023

Kompas.com - 27/04/2023, 17:05 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia telah menyiapkan sedikitnya 14 armada pesawat untuk melayani musim Haji 1444H/2023.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, 14 armada tersebut akan mengangkut calon jemaah Haji asal Indonesia dari dan menuju Tanah Suci mulai tanggal 24 Mei-2 Agustus 2023.

Baca juga: Apa Itu Haji Furoda? Beda dari Haji Reguler, Ini 5 Faktanya

"Tahun ini Garuda Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk menghadirkan layanan penerbangan Haji bagi sedikitnya 104.172 calon jemaah Haji," ujar Irfan dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Kamis (27/4/2023).

Dari seluruh 104.172 calon jemaah Haji tahun ini, lanjut Irfan, akan dibagi dalam 287 kelompok terbang (kloter) dan diberangkatkan dari sembilan embarkasi, meliputi Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Lombok.

Adapun pesawat yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia untuk melayani penerbangan Haji tersebut terdiri atas tujuh pesawat Boeing B777-300, empat pesawat Airbus A330-300, dan tiga pesawat Airbus A330-900.

Fasilitas bagi jemaah Haji

Irfan menambahkan, sebagai upaya untuk memberi nilai tambah layanan bagi para jemaah, Garuda Indonesia juga menghadirkan berbagai pilihan hiburan in-flight entertainment bernuansa Islami selama penerbangan.

Tak hanya itu, para jemaah juga akan mendapatkan inflight catering sesuai menu khas daerah embarkasi.

Calon jemaah haji asal Kaltim bersiap untuk keberangkatan menuju tanah suciKOMPAS.COM/Ahmad Riyadi Calon jemaah haji asal Kaltim bersiap untuk keberangkatan menuju tanah suci

Dengan pengalaman melayani haji selama hampir tujuh dekade, Irfan memastikan Garuda Indonesia akan terus mengoptimalkan komitmennya dalam menghadirkan penerbangan yang aman dan nyaman bagi jemaah Haji.

"Kami pastikan seluruh pesawat untuk melayani calon jemaah haji dalam keadaan prima dan layak terbang melalui serangkaian inspeksi berlapis, termasuk perawatan menyeluruh terhadap mesin pesawat serta keseluruhan komponen vital pesawat lainnya," jelas Irfan.

Baca juga: 6 Tips Memilih Travel Haji dan Umrah yang Aman

Dalam kesempatan serupa, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Hilman Latief menambahkan bahwa 30 persen jemaah Indonesia tahun ini berusia di atas 65 tahun.

"Untuk itu, kebijakan pendampingan lansia harus terus ditingkatkan termasuk dukungan dari penyedia layanan penerbangan termasuk Garuda Indonesia untuk menghadirkan kemudahaan bagi kebutuhan jamaah lansia selaras dengan visi kita bersama memberikan layanan yang inklusif bagi seluruh jemaah Haji" imbuh Hilman Latief.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com