Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, 1,5 Juta Wisatawan Kunjungi Obyek Wisata Banten, Anyer Jadi Primadona

Kompas.com - 27/04/2023, 18:36 WIB
Rasyid Ridho,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Provinsi Banten mencatat jumlah kunjungan wisatawan selama libur Lebaran 2023 sebanyak 1,5 juta orang.

Kawasan Pantai Anyer hingga Carita masih menjadi primadona destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Namun, angka 1,5 juta pengunjung barulah 30 persen dari jumlah kunjungan total yang terhitung.

"Untuk sementara titik obyek wisata uang dikunjungi wisatawan ada 900 titik, yang terhitung itu baru 329 titik. Jumlahnya 1,5 juta pengunjung," kata Kepala Dinas Pariwisata Banten, Al Hamidi saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (27/4/2023).

Baca juga:

Al Hamidi menjelaskan, pada libur Lebaran 2023 atau bulan April, target kunjungan wisatawan Provinsi Banten adalah sebanyak 5 juta orang.

Puncaknya, lonjakan pengunjung terjadi pada H+1 hingga H+3 Lebaran terutama di wisata pantai dari Anyer hingga Carita.

"Kalau hitungan kami dari Anyer, Cinangka, Carita sampai ke pesisir pantai itu, sekitar 600.000, tapi kami belum ke (pantai di wilayah) selatan. Seperti Tanjung lesung, sumur hingga bagedur," ujar dia.

Wisatawan beraktivitas di sekitar bibir pantai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Minggu (13/2/2022). Pemerintah menetapkan KEK Tanjung Lesung sebagai destinasi wisata super prioritas dari 10 destinasi wisata yang ada di Indonesia guna mendongkrak pengembangan pemerataan wisata nasional.Antara Foto/Muhammad Bagus Khoirunas Wisatawan beraktivitas di sekitar bibir pantai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Minggu (13/2/2022). Pemerintah menetapkan KEK Tanjung Lesung sebagai destinasi wisata super prioritas dari 10 destinasi wisata yang ada di Indonesia guna mendongkrak pengembangan pemerataan wisata nasional.

Masyarakat diminta hati--hati saat berwisata

Al Hamidi memperkirakan, lonjakan pengunjung di obyek wisaya masih akan terjadi pada akhir pekan ini atau pada 29-1 Mei 2023. 

Ia pun mengimbau masyarakat yang ingin berwisata agar selalu berhati-hati terutama di wisata air seperti pantai dan kolam renang.

Baca juga:

Namun, wisatawan tak perlu khawatir karena sebanyak 200 personil Balawista dikerahkan di titik-titik destinasi mulai dari Tangerang hingga ke Sawarna, Lebak untuk menjaga keselamatan pengunjung.

"Wisata resiko itu harus ada regu penyelamat yang menunggu tempat itu, memberikan perhatian kepada pengunjung," kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com