Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Yogya Lesu akibat Tarif Parkir

Kompas.com - 28/04/2023, 11:36 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2023 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) lesu, pihak Dinas Pariwisata DIY menduga polemik tarif parkir jadi salah satu faktor berkurangnya jumlah kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

"Saya kira iya (polemik tarif parkir), hospitality itu jadi kunci utama pariwisata, tidak hanya parkir. Mungkin pedagang suvenir, pedagang di destinasi, pedagang di teras Malioboro satu dua jadi bagian pelaku pariwisata, mereka harus melayani dengan baik," jelas Singgih, saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kamis (27/3/2023).

Baca juga:

Menurutnya, jika satu wisatawan mendapat pengalaman yang tidak mengenakkan, pasti akan bercerita kepada rekan-rekannya atau bahkan menulis pengalamannya di media sosial.

Selain adanya polemik tarif parkir, faktor lain yang memengaruhi menurunnya kunjungan wisata yakni adanya perubahan tanggal libur Lebaran secara mendadak.

Dengan adanya perubahan libur Lebaran ini, kata dia, mengacaukan penjadwalan para pemudik atau wisatawan.

"Ke depan akan kita perbaiki, penegakkan aturan, kedisiplinan, dan hospitality," jelas dia.

Baca juga:

Belum ada laporan jumlah kunjungan wisatawan ke DIY

Kondisi Maliboro ramai lancar pada libur Lebaran 2023, Selasa (25/4/2023)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO Kondisi Maliboro ramai lancar pada libur Lebaran 2023, Selasa (25/4/2023)

Singgih mengaku, sampai saat ini dirinya belum menerima laporan data secara utuh jumlah kunjungan wisatawan ke DIY, namun dari data yang ia terima sampai sekarang wisatawan yang berkunjung ke DIY sekitar 70 persen dari tahun lalu.

"Lebih banyak Lebaran tahun lalu, per kabupaten libur Lebaran kemarin ratusan ribu. Tahun ini perkiraan saya 70 persen dari tahun lalu," kata dia.

Baca juga: Puncak Kunjungan Wisatawan ke Yogyakarta Diprediksi H+3 Lebaran 2023

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com