Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aktivitas di Museum Song Terus Pacitan, Tambah Ilmu dan Buat Konten

Kompas.com - 28/04/2023, 14:33 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat wisata ke Kabupaten Pacitan di Jawa Timur, ada salah satu tempat wisata menarik dan edukatif yang bisa dikunjungi. Namanya Museum Song Terus.

Museum ini berlokasi di Jalan Goa Song Terus, Weru, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 22 kilometer (km) dari Kota Pacitan.  

Baca juga:

Menyimpan koleksi kebudayaan dan kehidupan Gunung Sewu dari masa pra-sejarah hingga saat ini, Museum Song Terus menawarkan beragam aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung selain berkeliling tempat tersebut.

Asisten Kurator Museum Song Terus bernama Sekar mengatakan, ke depannya akan ada beberapa kegiatan edukasi yang dapat dilakukan pengunjung. 

"Kalau kegiatan lain dari kami selain pemanduan, itu masih dalam proses perencanaan," ujar Sekar saat ditemui Kompas.com, Minggu (16/4/2023). 

Adapun untuk saat ini, kata dia, sejumlah program masih dalam tahap koordinasi dengan pusat, karena Museum Song Terus juga termasuk baru beroperasi yaitu per Oktober 2022. 

Aktivitas di Museum Song Terus

Berikut Kompas.com himpun beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Museum Song Terus saat ini. 

Pengunjung yang melihat-lihat koleksi di ruang pameran Museum Song Terus Pacitan, Jawa Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pengunjung yang melihat-lihat koleksi di ruang pameran Museum Song Terus Pacitan, Jawa Timur.

1. Keliling museum lihat koleksi

Aktivitas utama di museum ini tentu saja melihat berbagai macam koleksi peninggalan kebudayaan, perjalanan manusia, dan lingkungan alam di kawasan Gunung Sewu sejak pra-sejarah hingga saat ini. 

"Ada sekitar 3.000 koleksi disimpan di ruangan khusus dan di enam ruangan yang terbagi sesuai kronologi," kata Sekar. 

Pengunjung bebas menjelajahi isi museum sambil melihat-lihat koleksi mulai dari bebatuan, fosil, kerangka manusia, hingga alat-alat penunjang kehidupan di ruang pameran. 

Baca juga: 7 Wisata Pacitan Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com