Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2023, 18:06 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - DAMRI melaporkan telah melayani sebanyak 423.674 penumpang dengan 46.000 ritase (total perjalanan bolak-balik) selama arus mudik Lebaran 2023.

Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri mengatakan, jumlah ini terhitung sejak periode H-10 Lebaran hingga H+3 Lebaran.

"Angka tersebut menunjukkan bahwa mobilitas masyarakat Indonesia selama Lebaran menggunakan bus masih tetap tinggi, baik untuk tujuan arus mudik dan arus balik, maupun untuk menghabiskan cuti Lebaran," ucap Fikri dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Jumat (28/4/2023).

Baca juga: DAMRI Layani Rute Bandung-Ciledug Cirebon, Tarif mulai Rp 100.000

Adapun puncak arus mudik bersama DAMRI terjadi pada tanggal 18-20 April 2023, dengan sejumlah rute favorit.

Rute favorit DAMRI saat mudik Lebaran 2023

Rute favorit itu meliputi tujuan Jakarta menuju Lampung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Wonosobo, rute dari dan menuju Lampung, hingga layanan batas negara Pontianak-Kuching.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Sedangkan untuk wilayah dengan jumlah kepadatan penumpang tertinggi saat arus mudik, di antaranya pemberangkatan dari Pool DAMRI Kemayoran dan Stasiun Gambir.

Kemudian, untuk trafik arus balik tertinggi terjadi pada pemberangkatan dari wilayah Surabaya, Lampung, Purwokerto, dan Wonosobo.

Upaya DAMRI sukseskan masa Angkutan Hari Raya Idul Fitri 2023

Selama masa Angkutan Hari Raya Idul Fitri 2023, DAMRI juga melakukan pemantauan dan evaluasi pergerakan penumpang melalui penyediaan Posko Angkutan Lebaran di beberapa wilayah di Pulau Jawa, yakni Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

DAMRI layani mudik gratis Lebaran 2023 ke tiga kota besarDok. DAMRI DAMRI layani mudik gratis Lebaran 2023 ke tiga kota besar

Khusus Pulau Kalimantan, ada di Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, dan Banjarmasin. Lalu untuk Pulau Sulawesi, ada di Makassar, Manado, dan Gorontalo. Serta untuk Pulau Papua, ada di kota Jayapura.

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dengan mengutamakan aspek keamanan, keselamatan, dan kenyamanan, sehingga perjalanan terasa aman dan berkesan,” tutupnya.

Baca juga: DAMRI Buka Rute Baru dari Lampung ke 4 Kota Ini mulai April 2023

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Call Center Halo DAMRI 1500 825, email cs@damri.co.id, atau bisa juga mengakses akun media sosial DAMRI @DamriIndonesia dan website resmi perusahaan www.damri.co.id.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com