Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAMRI Angkut Lebih dari 420.000 Orang Saat Periode Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 28/04/2023, 18:06 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - DAMRI melaporkan telah melayani sebanyak 423.674 penumpang dengan 46.000 ritase (total perjalanan bolak-balik) selama arus mudik Lebaran 2023.

Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri mengatakan, jumlah ini terhitung sejak periode H-10 Lebaran hingga H+3 Lebaran.

"Angka tersebut menunjukkan bahwa mobilitas masyarakat Indonesia selama Lebaran menggunakan bus masih tetap tinggi, baik untuk tujuan arus mudik dan arus balik, maupun untuk menghabiskan cuti Lebaran," ucap Fikri dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Jumat (28/4/2023).

Baca juga: DAMRI Layani Rute Bandung-Ciledug Cirebon, Tarif mulai Rp 100.000

Adapun puncak arus mudik bersama DAMRI terjadi pada tanggal 18-20 April 2023, dengan sejumlah rute favorit.

Rute favorit DAMRI saat mudik Lebaran 2023

Rute favorit itu meliputi tujuan Jakarta menuju Lampung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Wonosobo, rute dari dan menuju Lampung, hingga layanan batas negara Pontianak-Kuching.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Sedangkan untuk wilayah dengan jumlah kepadatan penumpang tertinggi saat arus mudik, di antaranya pemberangkatan dari Pool DAMRI Kemayoran dan Stasiun Gambir.

Kemudian, untuk trafik arus balik tertinggi terjadi pada pemberangkatan dari wilayah Surabaya, Lampung, Purwokerto, dan Wonosobo.

Upaya DAMRI sukseskan masa Angkutan Hari Raya Idul Fitri 2023

Selama masa Angkutan Hari Raya Idul Fitri 2023, DAMRI juga melakukan pemantauan dan evaluasi pergerakan penumpang melalui penyediaan Posko Angkutan Lebaran di beberapa wilayah di Pulau Jawa, yakni Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

DAMRI layani mudik gratis Lebaran 2023 ke tiga kota besarDok. DAMRI DAMRI layani mudik gratis Lebaran 2023 ke tiga kota besar

Khusus Pulau Kalimantan, ada di Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, dan Banjarmasin. Lalu untuk Pulau Sulawesi, ada di Makassar, Manado, dan Gorontalo. Serta untuk Pulau Papua, ada di kota Jayapura.

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dengan mengutamakan aspek keamanan, keselamatan, dan kenyamanan, sehingga perjalanan terasa aman dan berkesan,” tutupnya.

Baca juga: DAMRI Buka Rute Baru dari Lampung ke 4 Kota Ini mulai April 2023

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Call Center Halo DAMRI 1500 825, email cs@damri.co.id, atau bisa juga mengakses akun media sosial DAMRI @DamriIndonesia dan website resmi perusahaan www.damri.co.id.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com