Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Renang Bareng Ratusan Ikan Aneka Warna di Laut Belitung

Kompas.com - 29/04/2023, 08:08 WIB
Heru Dahnur ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BELITUNG, KOMPAS.com - Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang merupakan salah satu lokasi menarik yang patut dikunjungi saat berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata Tanjung Kelayang, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Pengunjung bisa merasakan sensasi mandi bersama ikan serta menikmati berbagai hidangan khas laut (seafood).

Dari Pantai Tanjung Kelayang yang merupakan gerbang KEK pariwisata, perjalanan harus dilanjutkan dengan naik perahu motor atau jetski. Harga sewanya dihitung per paket perjalanan untuk perahu motor dan dihitung per jam untuk jetski.

Baca juga: Bangka Belitung Fokus Wujudkan Pariwisata Bebas Nyamuk

Ongkos yang harus dikeluarkan berkisar Rp 500.000 hingga Rp 1,5 juta. Untuk perahu motor, bisa memuat sebanyak 15 penumpang.

Lokasi mandi ikan berada antara Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang. Tempat itu terpaut sekitar 30 menit pelayaran dari Pantai Tanjung Kelayang.

Renang bareng ratusan ikan

Beragam ikan hias yang berada di kawasan tersebut memang sudah terbiasa dengan kehadiran pengunjung. Ratusan ikan warna-warni itu akan langsung mendekat saat mengetahui ada perahu motor yang berhenti.

Kawanan ikan juga terbiasa menerima makanan dari para pengunjung. Sepotong roti yang dilemparkan akan langsung diserbu ikan-ikan yang jumlahnya mengundang decak kagum.

Ilustras snorkeling di Karimunjawa.Dok. Tamasya Karimunjawa Ilustras snorkeling di Karimunjawa.

Nah, bagi yang ingin merasakan sensasi mandi ikan, bisa langsung mencebur ke laut. Tentunya terlebih dahulu harus mengenakan jaket pelampung.

Selain itu juga bisa digunakan peralatan snorkeling yang disediakan penyedia jasa pariwisata. Alhasil, petualangan di Laut Belitung bakal makin menyenangkan.

Ikan-ikan bakal mendekat dan berenang bersama. Para pengunjung pun juga bisa menyaksikan hutan terumbu karang yang masih terjaga keasriannya.

Baca juga: Festival Pasir Padi di Babel, Ada Lomba Dayung dan Tradisi Cari Kerang

Hal itu karena spot mandi ikan merupakan perairan dangkal dengan kedalaman berkisar dua sampai tiga meter.

Spot wisata langka tersebut juga menarik perhatian rombongan Penanggungjawab (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pasaribu saat kunjungan kerja di Belitung.

Didukung kondisi cuaca yang bersahabat, perjalanan terasa semakin menyenangkan. Cuaca cerah, lautan tanpa ombak dengan air yang jernih.

Baca juga: Pesona Danau Pading, Bekas Tambang yang Jadi Wisata di Babel

Dari Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang rombongan naik perahu khas pengangkut wisatawan untuk berkeliling lautan indah di Belitung.

Kagum dengan kejernihan air laut tanpa ombak di kawasan itu, Pj Gubernur Suganda langsung menjajal peralatan snorkeling-nya.

"Ragam habitat lautnya luar biasa, ikan saja berwarna-warni dan berbagai jenis. Apalagi terumbu karangnya, indah-indah sekali," kata Suganda saat kunjungan, Rabu (26/4/2023).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com