Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tempat Wisata di Pangandaran, Pantai hingga Akuarium Raksasa 

Kompas.com - 29/04/2023, 20:03 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya pantai, obyek wisata di Pangandaran tersebut berupa air terjun atau curug, goa, batuan kapur, akuarium raksasa, dan sebagainya.

Baca juga: 8 Vila di Pangandaran, Ada Fasilitas Kolam Renang 

Baca juga: 10 Pantai di Pangandaran yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2023 

Keindahan wisata di Pangandaran sudah terkenal hingga mancanegara. Meskipun merupakan wilayah pemekaran, namun keindahan tempat wisata di Kabupaten Pangandaran bisa disandingkan dengan daerah lain di Jawa Barat. 

Tempat wisata di Pangandaran 

Berikut tempat wisata di Pangandaran seperti dihimpun Kompas.com.

1. Pantai Pangandaran 

Pantai PangandaranWikimedia Commons Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan ikon wisata Pangandaran, sekaligus salah satu obyek wisata primadona di Provinsi Jawa Barat

Daya tarik Pantai Pangandaran adalah hamparan pasir putih yang luas. Selain itu, air lautnya biru jernih sehingga setiap pengunjung bisa melihat batu karang dan aneka biota laut dari permukaan.

Mengutip laman Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pantai Pangandaran juga memiliki kawasan cagar alam seluas 530 hektar, yang didalamnya terdapat goa alam berusia ratusan hingga ribuan tahun.

Adapun lokasi Pantai Pangandaran berada di Desa Pangandaran dan Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

2. Green Canyon 

Green Canyon atau Cukang Taneuh di PangandaranWikimedia Commons Green Canyon atau Cukang Taneuh di Pangandaran

Ikon wisata Pangandaran lainnya adalah Green Canyon. Obyek wisata yang mulanya bernama Cukang Taneuh ini berupa aliran sungai yang diapit oleh dua buah bukit bebatuan yang menembus gua.

Melansir dari laman Pangandaran Tourism, daya tarik Green Canyon adalah keberadaan jembatan tanah dengan lebar tiga meter yang terbentuk secara alamiah, serta menghubungkan kedua tebing sungai.

Adapun nama Green Canyon, pertama kali dipopulerkan oleh seorang turis yang bernama Bill Jhon. Sebab, obyek wisata tersebut mengingatkannya pada sebuah ngarai di Grand Canyon, Arizona, AS yang membelah Sungai Colorado.

Adapun lokasi Green Canyon Pangandaran berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

3. Pantai Barat 

Pemandangan pantai barat Pangandaran.Dok. Portal.pangandarankab Pemandangan pantai barat Pangandaran.

Daya tarik Pantai Barat hamparan pasir putih yang membentang luas. Selain itu, ombaknya tidak begitu besar sehingga aman bagi wisatawan, seperti dikutip dari Portal Pangandaran.

Obyek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan di Pantai Barat seperti bermain boogie, menikmati sunset, menyewa sepeda dan ATV, surfing atau hanya sekedar melepas lelah.

Pada malam hari, wisatawan bisa menyewa odong-odong untuk berkeliling kawasan wisata. Lokasi Pantai Barat berada di Jalan Pamugaran Bulak Laut, Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Baca juga: 7 Hotel Dekat Pantai Pangandaran, Ada yang Bisa Lihat Sunset 

Baca juga: Aquarium Indonesia Pangandaran: Tarif Masuk dan Jam Buka Saat Lebaran 2023

4. Pantai Timur 

Pantai Timur PangandaranWikimedia Commons Pantai Timur Pangandaran

Selain Pantai Barat, wisatawan bisa menjumpai Pantai Timur Pangandaran. Lokasinya berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran.

Sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di Pantai Timur antara lain snorkeling, memancing, diving, atau berkeliling menggunakan ATV.

Wisatawan juga bisa belanja ikan segar hasil tangkapan laut langsung dari para nelayan. Pantai Timur juga cocok untuk menikmati pemandangan sunset atau sunrise.

5. Curug Citumang

Curug Citumang di Pangandaran, JabarDok. www.humas.pangandarankab.go.id Curug Citumang di Pangandaran, Jabar

Kabupaten Pangandaran memiliki sejumlah obyek wisata air terjun atau curug yang menawan. Salah satu curug di Pangandaran yang populer adalah Curug Citumang.

Daya tarik Curug Citumang adalah aliran sungai jernih berwarna kehijauan yang membelah hutan jati, seperti dikutip dari Pangandaran Tourism.

Aliran Sungai Citumang menembus ke dalam gua dengan tepian sungai dihiasi bermacam-macam ornamen batu alam. Ada beragam kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung, seperti  berenang, body rafting, atau sekedar menikmati pemandangan curug dan sungai. 

Lokasi Curug Citumang berada di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com