Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Rakyat Akan Jadi Side Event KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Kompas.com - 29/04/2023, 22:08 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pesta rakyat dan rangkaian acara lainnya akan menjadi side event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. KTT ASEAN 2023 akan digelar mulai Rabu (10/5/2023) hingga Kamis (11/5/2023).

Pesta rakyat ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Pemerintah Kabupaten Labuan Bajo.

Baca juga:

"Pesta rakyat ini terdiri dari bazar kuliner, pertunjukan musik dan budaya, serta fashion show," tutur Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina dalam keterangan resmi, Sabtu (29/4/2023).

Sementara itu, di sela-sela KTT ASEAN 2023 akan ada pula acara lainnya, antara lain street carnival, Festival Goa Batu Cermin, dan SMEs Hub.

Goa Batu Cermin, NTTKementerian PUPR Goa Batu Cermin, NTT

Lokasinya pun bervariasi. Street carnival akan digelar di Lapangan Waesambi, Festival Goa Batu Cermin akan diadakan di Goa Batu Cermin, dan SMEs Hub akan digelar di Waterfront Kampung Ujung.

Kehadiran side event ini, tutur Shana, bertujuan melibatkan masyarakat lokal secara aktif, salah satunya melalui dukungan ekosistem kreatif atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Labuan Bajo.

Baca juga:

Ekosistem yang dimaksud, di antaranya sanggar-sanggar budaya setempat, seniman, dan pelajar. Diharapkan hal tersebut berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat Labuan Bajo.

"Pesta rakyat ini akan melibatkan berbagai konten budaya lokal, seperti kegiatan bazar yang berisi berbagai produk parekraf lokal seperti kuliner, tenun, suvenir, produk-produk lokal unggulan seperti kopi dan gula rebok, serta produk kerajinan tangan lainnya," jelasnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com