Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2023, 18:06 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BORONG,KOMPAS.com – Komitmen masyarakat dan pemerintah desa dalam rangka mendukung suksesnya Festival Kopi Lembah Colol, Kecamatan Lambaleda Timur, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Juni 2023, mulai terlihat.

Jumat (28/4/2023), desa bersama tim promosi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur, mulai membuat video promosi budaya di Mbaru Gendang, (rumah adat) Ngkiong, Desa Ngkiong Dora.

"Penggarapan video promosi budaya ini bertujuan untuk memberi gambaran situasi dan kondisi sosio-kultural serta kearifan lokal masyarakat Lembah Colol," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur Rofinus Hibur Hijau kepada Kompas.com, Jumat, (28/4/2024).

Baca juga: Desa Golo Loni dan Colol di NTT Masuk 500 Besar ADWI 2023

Menurut dia, hal itu merupakan sesuatu yang unik dan dapat menjadi atraksi daya tarik wisata pada pagelaran Festival Kopi Lembah Colol mendatang. 

Adapun projek promosi budaya ini, lanjut Rofinus, adalah satu kesatuan dari konten promosi yang juga akan menggambarkan secara singkat daya tarik atau berbagai atraksi wisata di Lembah Colol, baik alam maupun buatan.

Rofinus menjelaskan bahwa festival yang akan dilaksanakan ini, prinsipnya dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat. 

"Lembah Colol menjadi daya tarik tersendiri dengan keunikannya, baik lanskap, kearifan lokal, aktivitas pertanian, juga budayanya," ujar Rofin.

Baca juga: Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Tampilkan Keunggulan Kopi Colol

Ia mengaku bangga dengan masyarakat sangat antusias dan turut berpartisipasi dalam projek video promosi yang menunjukkan komitmen kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan desa, serta keterbukaan masyarakat juga menjadi dasar terlaksananya Festival Kopi Lembah Colol.

Dukung Festival Kopi Lembah Colol

Pelaksanaan pembuatan video promosi di Desa Ngkiong Dora dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat setempat, baik pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pendidik dan tokoh pemuda.

Warga Desa Ngkiong Dora, Kecamatan Lambaleda Timur, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Jumat, (28/4/2023) menggelar pementasan budaya khas masyarakat setempat untuk persiapan mendukung festival Kopi Colol, Juni 2023. (KOMPAS.com/DOK/DISPARBUD MATIM)KOMPAS.COM/DOK/DISPARBUD MATIM Warga Desa Ngkiong Dora, Kecamatan Lambaleda Timur, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Jumat, (28/4/2023) menggelar pementasan budaya khas masyarakat setempat untuk persiapan mendukung festival Kopi Colol, Juni 2023. (KOMPAS.com/DOK/DISPARBUD MATIM)

Kepala Desa Ngkiong Dora, Fransiskus Findoro dalam kesempatan ini menyampaikan dukungan kepada masyarakat yang akan terlibat dalam festival juga kepada pemerintah yang telah memfasilitasi pelaksanaan Festival Kopi Lembah Colol.

"Saya pikir inilah momen yang tepat buat kita semua untuk memperkenalkan berbagai potensi desa yang ada pada masyarakat umum, baik di Kabupaten Manggarai Timur maupun kepada daerah-daerah lain di Indonesia, bahkan dunia," tutur Fransiskus Findoro.

Baca juga: Kedai Kopi Do di Lembah Colol, Manggarai Timur, NTT, Punya Pemandangan 2 Air Terjun

Pihaknya mendukung penuh pelaksanaan Festival Kopi Lembah Colol dan berharap ke depannya semua bisa mendapatkan nilai-nilai positif dari festival ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com