Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Berkunjung ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka 

Kompas.com - 30/04/2023, 19:07 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka merupakan salah satu destinasi wisata sejarah sekaligus cagar budaya yang ada di daerah Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatea Barat.

Lebih dari sekadar rumah, museum ini dibangun sebagai bentuk penghormatan dan mengenang sejarah kehidupan Buya Hamka.

"Museum ini dulunya dibangun oleh ABIM (Angkatan Belia Islam Malaysia), karena setelah Hamka keluar dari penjara, peran Hamka cukup besar dulu di Malaysia," kata pemandu museum Dasri kepada Kompas.com, Rabu (26/4/2023).

Baca juga: Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka: Jam Buka dan Harga Tiket

Simak pengalaman Kompas.com ketika mampir ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, Rabu (26/4/2023).

Rumah Gadang yang megah di tepi danau

Jalanan menuju ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka kian lama kian kecil. Mulanya melewati jalan raya utama yang bisa dilalui dua mobil berukuran besar sekaligus, kemudian masuk ke jalan pedesaan yang hanya cukup dilalui satu mobil saja.

Siang itu Kompas.com bertolak dari daerah Lubuk Basung menuju Sungai Batang menggunakan sepeda motor. Butuh waktu sekitar satu jam perjalanan untuk bisa sampai di Sungai Batang.

Panas siang itu cukup terik, apalagi lalu lintas di jalan utama Lubuk Basung-Bukittinggi tampak ramai lancar karena momen Lebaran 2023.

Namun hawa panas seketika berubah menjadi sejuk tatkala sepeda motor yang Kompas.com kendarai masuk ke jalanan area Sungai Batang. Jalanan yang dilalui terasa sejuk tertutup rimbunnya pohon ketika menyisi tepian Danau Maninjau.

Baca juga: Menelusuri Jejak Sejarah di Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Kompas.com berhenti tepat di pekarangan bangunan yang posisinya cukup tinggi dari jalan raya. Bentuk bangunannya mencirikan rumah adat di Minangkabau, yakni Rumah Gadang.

Siapa pun yang lewat di jalanan itu pasti tau bahwa bangunan yang Kompas.com tatap dengan sedikit mendongak ini merupakan rumah kelahiran Buya Hamka.

Tampak depan Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Sungai Batang, Sumatera BaratKOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Tampak depan Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Sungai Batang, Sumatera Barat

Selain karena keberadaan tulisan "Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka" yang terpampang besar di bagian depan, bangunan ini juga cukup dikenal sebagai wisata sejarah di sekitar Danau Maninjau.

Sebagaimana sebuah Rumah Gadang, bangunan museum ini memiliki atap bagonjong (bergonjong), posisi sedikit tinggi, dan punya ruang kosong di bagian bawah bangunan.

Baca juga: Berbincang dengan Putra Bungsu Buya Hamka, Bicara Jubah dan Keluarga

Bangunan museum ini umumnya dibuat dari kayu, mulai dari tangga, lantai, dinding rumah, hingga jendela.

Wisatawan di dalam Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Sungai Batang, Sumatera Barat.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Wisatawan di dalam Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Sungai Batang, Sumatera Barat.

Saat memasuki bagian dalam museum, semua pengunjung wajib membuka alas kaki supaya tetap menjaga kebersihan museum.

Siang itu pengunjung museum nampak cukup ramai, dari pantauan Kompas.com, umumnya pengunjung datang dari kalangan keluarga perantau yang menyempatkan mampir karena momen Lebaran.

Salah satunya Dewi (19), pengunjung yang datang bersama sang kakak untuk melihat koleksi di Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka.

Baca juga: Rute ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Sumatera Barat

"Saya ingin tahu apa isi museum ini, dan bagaimana sejarah Buya Hamka," kata Dewi kepada Kompas.com.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com