Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2023, 21:01 WIB
Markus Yuwono,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mencatat bahwa pantai Parangtritis masih menjadi primadona wisatawan saat libur Lebaran 2023.

Meski jumlah kunjungan wisata kali mengalami penurunan, Pemkab Bantul optimistis target 200.000 wisatawan bisa tercapai hingga long weekend Hari Buruh pada Senin, 1 Mei 2023. 

"Kunjungan wisatawan pada tanggal 21-29 April 2023 mencapai 195.301 orang wisatawan dengan PAD (pendapatan asli daerah) mencapai Rp 1,8 Miliar," kata Kasi Promosi dan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Adi saat dihubungi melalui telepon Minggu (30/4/2023).

Baca juga: 103.000 Wisatawan Kunjungi Bantul Saat Libur Lebaran 2023

Dikatakannya, masih ada sisa dua hari libur yakni Minggu (30/4/2023) dan Senin (1/5/2023), sehingga dipastikan target kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2023 tersebut akan tercapai.

Adapun menurut Markus, rata-rata kunjungan wisata akhir pekan di Bantul adalah sekitar 20.000 orang. Saat long weekend, maka jumlah kunjungan wisata makin banyak. 

Jumlah wisatawan turun dibanding tahun sebelumnya

Diakuinya ada penurunan kunjungan rata-rata setiap harinya dibandingkan liburan lebaran tahun lalu. Dia menduga ada yang malas terjebak macet, dan mudik hanya sebentar. 

"Hari ini (Minggu, 30 April 2023) diperkirakan akan mbludag (penuh) karena hari ini hari terakhir liburan gelombang II," kata Markus.

Baca juga: Mudik via JJLS Bantul yang Baru, Indah dan Bertabur Tempat Wisata

Pria yang kerap dipanggil Ipung ini mengatakan, kawasan pantai Parangtritis masih mendominasi kunjungan ke Bantul. Sisanya pantai yang ada di barat Bantul mulai dari Pantai Samas hingga Pantai Baru.

Jembatan Kretek 2 di JJLS Bantul, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jembatan Kretek 2 di JJLS Bantul, Yogyakarta.

"Total wisatawan ke Destinasi wisata yang dikelola pemkab Bantul. Sebanyak 72 persennya berkunjung ke Parangtritis," kata dia. 

Ipung mengatakan, Dinas Pariwisata Bantul tidak mengadakan atraksi wisata untuk menjadi daya tarik wisatawan untuk datang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com